Laporkan Masalah

Analisis Strategi Kompetitif RS. PMI Bogor

Diatri Ajeng Nandari, Drs. Saefuddien Hasan, M.B.A.

2013 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal RS PMI Bogor dan dengan itu dapat diketahui kondisi dan posisi rumah sakit sehingga dapat memformulasi, mendapatkan alternatif dan menetapkan strategi yang sesuai agar tetap kompetitif dan bertahan dalam persaingan industri jasa layanan kesehatan. Lingkup penelitian adalah penelitian studi kasus yang bersifat kualitatif pada RS PMI Bogor. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi. Sedangkan data sekunder berasal dari data internal rumah sakit yang terkait dengan penelitian, Departemen Kesehatan (2009), Biro Pusat Statistik, serta buku teks mengenai penerapan ilmu ekonomi dalam manajmen rumah sakit (Trisnantoro, 2005). Terdapat dua jenis analisis yang dilakukan yaitu, analisis eksternal dan internal perusahaan. Analisis eksternal berkaitan dengan analisis industri menggunakan analisis Five Forces Porter dan analisis SWOT serta analisis IE (Internal-Eksternal) yang merupakan integrasi dari analisis matriks EFE (External Factor Evaluation) dan matriks IFE (Internal Factor Evaluation). Sedangkan analisis internal berkaitan dengan analisis SWOT dan Analisis IE (Internal-Eksternal). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi terpilih yaitu product development berdasarkan hasil tahap pencocokan antara dua tools yaitu matriks SWOT dan matriks IE. Dalam tahap keputusan, didapatkan beberapa opsi strategi dari product development seperti pengembangan fisik dengan menyesuaikan kembali tata letak bangunan dan ruangan sesuai zoning dan pengembangan produk khususnya pada layanan penunjang medik dengan merekrut tenaga dokter spesialis bedah anak, bedah jantung, dan anestesi intensifis serta pengadaan alat-alat medis dan kedokteran yang belum ada seperti mesin MRI. Namun, rumah sakit perlu memperhatikan divisi pemasarannya yang belum dapat melaksanakan manajemen pemasaran secara tajam dan menyeluruh dengan merekrut tenaga pemasaran yang kompeten atau memberikan pendidikan lanjutan bagi tenaga pemasaran yang sudah ada.

This study aims to analyze the internal and external environment of RS PMI Bogor and it can be known the condition and position of the hospital so that the formulation of strategies to do, then emerging strategic alternatives and determining the appropriate strategy,and defining the appropriate strategy in order to remain competitive and sustainable in the health care service industry.The scope of the research is qualitative case study on RS PMI Bogor.The data used in this study derived from primary and secondary data. Primary data obtained through in depthinterviews, documentation and observation. While secondary data compiled from company internal data related to research, Department of Health (2009), Central Bureau of Statistics, and also a text book on the application of economics in hospital management (Trisnantoro, 2005). There are two types of analysis used in this study, namely external and internal analysis. External analysis related to the analysis of industry and it competitiveness using Five Forces Porter analysis and SWOT analysis and also IE matrix analysis which an integrated form of EFE (External Factor Evaluation) matrix and IFE (Internal Factor Evaluation) matrix. While internal analysis using several tools, such as SWOT analysis and IE analysis. The results showed that the chosen strategy formed based on the matching stage of SWOT matrix and IE matrix. In the decision stage, couple of options strategies of product development occured such as physical development to readjust the layout of the building and the room according to the zoning system and also product development especially in medical support services by recruiting child surgeon, cardiac surgeon, and anesthesia intensifis specialist. And also, procurement of medical equipment and medicine that does not exist such as an MRI machine. However, hospitals need to pay attention to the marketing division that has not been able to implement a sharp and comprehensive marketing management by hiring a competent marketing personnels or provide an advanced education for existing sales force.

Kata Kunci : Analisis SWOT, analisis Porter’s Fve Forces of Competition, EFE, IFE, analisis IE


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.