Laporkan Masalah

DISIPLIN DITINJAU DARI TANGGUNG JAWAB DENGAN HUBUNGAN GURU-SISWA SEBAGAI MEDIATOR PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

WILDA FASIM HASIBUAN, Prof. Thomas Dicky Hastjarjo

2013 | Tesis | S2 Psikologi

Disiplin adalah hal mutlak yang harus ada di sekolah, tanpa disiplin proses belajar mengajar tidak akan berjalan dengan baik. Kesadaran bersikap disiplin dipengaruhi banyak faktor, salah satunya adalah tanggung jawab. Tanggung jawab akan menggiring siswa untuk selalu dapat mengontrol perilakunya. Akan tetapi disiplin dan tanggung jawab tidak akan muncul begitu saja dalam diri siswa, untuk menumbuhkan keduanya diperlukan hubungan gurusiswa yang terjalin baik, sehingga dari hubungan inilah siswa dapat menginternalisasikan disiplin dan tanggung jawab kepada dirinya. Tujuan penelitian ini adalah tanggung jawab yang dimediasi hubungan guru-siswa mempengaruhi disiplin siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu ‘X’. Penelitian ini melibatkan 110 subjek siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu ‘X’ yang ada di Yogyakarta, pengambilan data menggunakan skala disiplin, tanggung jawab, dan hubungan guru-siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi Baron dan Kenny. Hasil penelitian ini mengungkapkan tidak ada pengaruh yang signifikan tanggung jawab terhadap disiplin dengan p = 0,414 (p<0,05). Data pada perhitungan pertama menentukan apakah perhitungan selanjutnya akan dilanjutkan. Dari data diatas didapat perhitungan selanjutnya tidak dapat di lakukan, dengan kata lain analisis regresi dengan mediasi tidak dapat dilakukan dan hipotesis ditolak.

Discipline is an absolute must in the school, without the discipline of teaching and learning would not run properly. Awareness of being disciplined influenced by many factors, one of which is responsibility. Responsibilities would lead students to always be able to control his behavior. However, discipline and responsibility would not just show up in students, to foster both required teacher-student relationship that exists either, so from this connection that students could internalize the discipline and responsibility on himself. The purpose of this research was the responsibility of the teacher-student relationship as a mediator influence Islamic ‘X’ Secondary School student discipline. This study involved 110 subjects Islamic 'X' secondary students in Yogyakarta, data retrieval using a scale of discipline, responsibility, and the teacher-student relationship. Analysis of the data used was regression analysis Baron and Kenny.The results of this study revealed no significant effect of responsibility for discipline with p = 0.414 (p <0.05). Data on the first calculation to determine whether further calculations would be continued. From the above data obtained further calculations couldnot be done, in other words the mediation regression analysis could not be performed and the hypothesis is rejected.

Kata Kunci : disiplin, tanggung jawab, hubungan guru-siswa


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.