DAMPAK PENDIDIKAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI PROVINSI DI INDONESIA: PENDEKATAN NEOKLASIK DAN NEW GROWTH THEORY
Faizal Reza, Dr. Budiono Sri Handoko, MA.
2013 | Tesis | S2 Ilmu Ekonomi dan Studi PembangunanApakah pendidikan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi?, tujuan dari tesis ini adalah untuk mencari dampak pendidikan terhadap pertumbuhan ekonomi provinsi di Indonesia dengan menggunakan pendekatan Neoklasik dan pendekatan New Endogenous Growth Theory. Tesis ini menggunakan metode panel data untuk menginvestigasi hubungan antara pendidikan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia selama periode 2000-2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa walaupun terdapat perbedaan asumsi secara mendasar antara kedua pendekatan, namun keduanya mampu menjelaskan dampak variabel pendidikan terhadap pertumbuhan dengan sangat baik. Dari pendekatan Neoklasik, pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan melalui tingkat pertumbuhan. Sedangkan di sisi lain, NGT melalui jalur produktifitasnya menunjukkan peran penting pendidikan dalam menderivasi pertumbuhan melalui inovasi dan difusi teknologi. Hasil penelitian juga menunjukkan kepada kita bahwa walaupun secara umum seluruh kategori provinsi mendapatkan manfaat dari pendidikan memfasilitasi inovasi, namun hanya terdapat beberapa kategori provinsi saja yang mampu mendapatkan manfaat pendidikan dalam memfasilitasi difusi teknologi (yakni upper dan lower provinces). Akhirnya hasil temuan secara umum memperkuat hipotesis bahwa daerah leader akan senantiasa berinovasi untuk mempertahankan posisi mereka sedangkan daerah follower cenderung untuk melakukan difusi untuk mengejar daerah yang telah maju.
Faizal Reza, 2012. Impact of Education on Economic Growth in Indonesia Province: Neoclassical Approach and New Growth Theory, under the guidance of Budiono Sri Handoko. Does education affect economic growth?, The aim of this study was to find the impact of education on economic growth in Indonesia provinces by using the Neoclassical approach and New Endogenous Growth Theory. This thesis uses panel data methods to investigate the relationship between education and economic growth in Indonesia during the period 2000-2010. The results showed that although there are differences in the assumptions between two approaches, but both were able to explain the impact of education on growth variables very well. In Neoclassical approach, education has positive and significant impact on growth through its growth rate. While on the other hand, NGT through its productivity show to us the important role of education in derive growth through innovation and diffusion of technology. The result also showed to us that although in general category of the provinces gain benefit from education to facilitate innovation, but there are only a few categories of provinces are able to get educational benefits in facilitating technology diffusion (i.e. the upper and lower provinces). Finally, the findings generally reinforce the hypothesis that the leaders will continue to innovate and maintain their position while the follower regions tend to perform diffusion to pursue areas that have been developed.
Kata Kunci : pendidikan, pertumbuhan ekonomi, pendekatan Neoklasik, NGT, panel data.