EVALUASI KERUSAKAN STRUKTUR PERKERASAN PADA RUAS JALAN SEMEN – NGLUWAR KABUPATEN MAGELANG
Eko Wiyono, Dr. Ir. H. Hary Christady Hardiyatmo, M.Eng., DEA.,
2012 | Tesis | S2 Mag.Pengl.Sarana PrasarnRuas jalan Semen – Ngluwar merupakan jalan kabupaten yang menghubungkan kecamatan Salam dengan kecamatan Ngluwar di kabupaten Magelang yang berfungsi sebagai prasarana aktivitas daerah, jalur alternatif, dan jalur evakuasi, maka diperlukan perawatan dan perbaikan agar dapat melayani lalulintas sesuai fungsinya. Evaluasi terhadap kondisi jalan diperlukan sebelum dilakukan perawatan dan perbaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kerusakan, tingkat kerusakan, dan menentukan cara perbaikan kerusakan perkerasan ruas jalan Semen - Ngluwar. Pelaksanaan penelitian meliputi menilai kondisi perkerasan secara visual dengan metode Pavement Condition Index (PCI) dengan membagi ruas jalan Semen – Ngluwar sepanjang 5,2 kilometer menjadi segmen-segmen berukuran 5,5m x 100m, uji penetrometer kerucut dinamis (Dynamic Cone Penetrometer, DCP) tanah dasar, Uji California Bearing Ratio (CBR) lapangan pada lapis pondasi, survey lalulintas, dilakukan untuk mengetahui rata-rata lalulintas yang lewat setiap hari, dan analisis tebal lapis tambahan menggunakan metode AASHTO, 1993. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, dari 52 unit segmen secara visual jenis kerusakan yang terjadi yaitu alligator cracking, block cracking, depression, long and transversal cracking, patching, raveling & weatering, rutting, kerusakan dominan jenis alligator cracking dengan luas 4068,61 m2 atau 14,23% luas total ruas jalan Semen-Ngluwar dan diperoleh nilai PCI rata-rata sebesar 50,06 atau kondisi perkerasan sedang (fair), hasil uji DCP diperoleh nilai CBR tanah dasar rata-rata 10,33%, dan CBR yang mewakili sebesar 6%, hasil uji CBR lapangan lapis pondasi diperoleh CBR rata-rata sebesar 65,70%, hasil survey lalulintas diperoleh LHR ruas jalan tersebut sebanyak 2397 kendaraan/hari. Perbaikan kerusakan dilakukan sesuai dengan lokasi, jenis dan tingkat kerusakannya. Apabila dilakukan pelapisan tambahan, dari analisis tebal lapis tambahan, dengan umur rencana 10 tahun diperoleh tebal lapis tambahan 5cm.
The roads from Semen to Ngluwar is the route connecting between salam and ngluwar subdistric in Magelang distric. Besides of local activity, this roads also use for alternative route and evacuation. It necessary treatment and repaire to serve the traffic as it function. Evaluation needs before treatment and repaire. This research go in a certain direction to detect the type, the level, and how to repaire the pavement damage road from semen to ngluwar. Implementation of research include assessing the condition of road by visual using Pavement Condition Index (PCI) method, it devide semen to ngluwar road over 5,2km become parts that have a measurement of 5,5m x 100m, subgrade testing with Dynamic Cone Penetrometer (DCP) method, the layer of pondation test using California Bearing Ratio (CBR) method, and traffic survey to know the operational average of traffic everyday. Analysis overlay use AASHTO method,1993. The result of this research showed that, of 52 units sample visually kind of damage are alligator cracking block cracking, depression, long and transversal cracking, patching, raveling and weatering, rutting. Alligator cracking is the dominant damage with area 4068,61 m2 or 14,23% from total road between Semen- Ngluwar and PCI average value 50,06 or medium level of pavement condition (fair). The result of DCP test got the CBR value of the subgrade on average 10,33%, and representing CBR 6%, the result of the field CBR value of padding pondation test on average 65,70%, the result of traffic survey be obtained LHR(annually daily traffic) 2397 car/day. Repairing the damage is done according to the location, type and level of damage. If additional overlay needed, from thickness layer analysis with 10 years planning time got the value 5 cm thickness.
Kata Kunci : perkerasan, kondisi, kerusakan, tanah dasar, perbaikan