ANALISIS STRATEGI BISNIS PT SOHO INDUSTRI PHARMASI REGULAR
ANNA KARINA ALGUSTIE, Prof. Dr. Basu Swastha Dharmmesta, MBA
2012 | Tesis | S2 Mag.Manaj.FarmasiPerusahaan yang mampu bersaing adalah perusahaan yang mempunyai dan menjalankan strategi bisnis yang dapat merespon kondisi eksternal dan meningkatkan kapabilitas internal. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan mengevaluasi apakah strategi perusahaan sesuai dengan kondisi lingkungan internal dan eksternal serta merancang strategi alternatif yang sesuai dengan kondisi lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi, serta data pendukung yang diperoleh dari sumber sekunder. Analisis yang dilakukan meliputi: Analisis dengan Matriks Evaluasi Faktor Eksternal dan Matriks Evaluasi Faktor Internal; Perumusan strategi alternatif dengan Matriks Kekuatan-Kelemahan-Peluang-Ancaman (SWOT), Matriks Internal-Eksternal (IE), Matriks Boston Consulting Group (BCG) dan Matriks Grand Strategy; Pengambilan keputusan strategi alternatif dengan Matriks Quantitative Strategic Planning (QSPM). Hasil analisis menunjukkan adanya perubahan kondisi persaingan sehingga perusahaan perlu melakukan modifikasi pada strategi yang selama ini dijalankan. Hasil penilaian pada matriks EFE dengan nilai 3,02 menunjukkan bahwa strategi dapat merespon lingkungan eksternal dengan efektif, sedangkan hasil matriks IFE menunjukkan bahwa perusahaan memiliki posisi internal yang cukup kuat dengan nilai 2,78. Hasil perumusan strategi alternatif melalui matriks SWOT, IE, BCG dan Grand Strategy dan pemilihan strategi menggunakan matriks QSPM menunjukkan bahwa strategi “Peningkatan varian produk dengan pengembangan produk baru atau kerjasama dengan perusahaan lain†menjadi strategi yang paling menarik dengan skor 6,183 dibanding strategi “Pengembangan pasar dan meningkatkan penetrasi pasar terhadap produk yang ada†dengan skor 5,726.
A competitive company is a company which has and implements business strategies that can act in response to external conditions and improve their internal capabilities. The objectives of this study are to identify and evaluate whether the company business strategy is suitable with its external and internal conditions and to arrange alternative strategies based on external and internal conditions. The research was a descriptive analysis. The data were collected through deep interviews and internal observation to the company, also supporting data from secondary source. The data were analyzed by: External and internal analysis with External Factors Evaluation Matrix and Internal Factors Evaluation Matrix; Alternative strategies formulation was done through Strength-Weakness-Opportunity-Threat Matrix (SWOT), Internal-External Matrix (IE), Boston Consulting Group Matrix (BCG), and Grand Strategy Matrix; Decision stage was done by Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). The results showed there was a change on competitive conditions so that company needed to modify the strategy implemented. EFE matrix result was 3,02 which showed that the company’s strategies were responsive to the external conditions, while IFE matrix result was 2,78 which showed that company had quite strong internal capabilities. Alternative strategies formulation through SWOT, IE, BCG and Grand Strategy matrix analysis and the decision through QSPM analysis result showed that “Improving product variation with new product development or cooperation with other companies†was the most suitable with QSPM score 6,183 followed by “Market development and market penetration through existing products with QSPM score 5,726.
Kata Kunci : Analisis Strategi Bisnis, PT Soho Industri Pharmasi, SWOT, QSPM