Laporkan Masalah

An Analysis of the Competitive Strategy of PT Gunanusa Eramandiri in the Crunchy Peanut Industry in Indonesia

Nur Aini Fitriya Ardiani Aniqoh, Dr. Bambang Riyanto LS, MBA.

2013 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Studi ini bertujuan untuk mempelajari: 1) Menganalisis karakteristik industri kacang garing Indonesia dan kendala-kendala yang dihadapi PT Gunanusa Eramandiri.2) Menganalisis faktor-faktor kompetisi eksternal dan internal yang dapat mempengaruhi kemampuan berkompetisi PT Gunanusa Eramandiri dalam industri kacang garing.3)Mengevaluasi strategi yang diterapkan PT Gunanusa Eramandiri dalam industri kacang garing 4)Merekomendasikan penyesuaian strategi yang tepat pada PT Gunanusa Eramandiri dalam menghadapi kondisi bisnis kacang garing yang dinamis. Lokasi penelitian ini adalah PT. Gunanusa Eramandiri di Pati. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara disertai dengan record. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan PT Gunanusa Eramandiri mempunyai beberapa masalah dalam persaingan industri kacang garing di Indonesia, dimana persaingan dalam industri ini cukup tinggi dengan kondisi pasar yang sangat dinamis. Ancaman dalam industri kacang garing adalah berkurangnya bahan baku kacang tanah dalam kurun waktu 5 tahun, sehingga perusahaan harus mengimpor bahan baku dari luar negeri. Faktor ekternal maupun internal dapat mempengaruhi kemampuan PT Gunanusa Eramandiri dalam menghadapi persaingan yang ketat dalam industri kacang garing di Indonesia.Faktor internal yang menjadi kekuatan PT Gunanusa Eramandiri adalah, SDM, inovasi, teknologi, dan kepemimpinan. Sedangkan faktor internal yang menjadi kelemahan dari PT Gunanusa Eramandiri meliputi, struktur organisasi dan domestic marketing. Faktor eksternal yang menjadi peluang dari PT Gunanusa Eramandiri adalah market area dan diversifikasi produk. Sedangkan ancaman yang berasal dari faktor eksternal adalah kompetisi yang ketat, globalisasi, dan menurunnya bahan baku dalam negeri. Strategi bisnis yang diimplementasikan PT Gunanusa Eramandiri melalui strategi diferensiasi merupakan strategi yang tepat untuk diimplementasikan. Penyesuain strategi sangat diperlukan untuk dapat menciptakan competitive advantage sehingga diharapkan dapat memenangkan persaingan yang semakin ketat.

This research objectives are: 1) to evaluate the strategy of PT Gunanusa Eramandiri; 2) to study the events and trends in the business environment as well as the crunchy peanut industry to identify the risks and opportunities faced by the company; 3) to explore the company’s strategy advantages and disadvantages; 4) to analyze the competition strategy of PT Gunanusa Eramandiri; 5) to propose some strategies for the company in facing the changing environment. The research was conducted in PT. Gunanusa Eramandiri (Manufacture Business Type) of Pati. The data were collected by using documents, observation, and interviews, complemented with recording. The data were qualitatively analyzed by data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusion. The results show that PT Gunanusa Eramandiri has some problems to compete in the crisp bean industry in Indonesia, which is highly competitive with high market demand in a highly dynamic society. The threat of the company is the lack of domestic raw materials for the last five years, so the company has to import from abroad. Internal and external factors can affect the competitive conditions faced by the companies and businesses of PT Gunanusa Eramandiri, so they can affect their ability to compete as crunchy peanut industry. Internal factors that constitute the company's strength include human resources, innovation, technology leadership, and product image. Some internal inhibiting factors in PT Gunanusa Eramandiri that could be the weakness points of the company include organization structure and domestic marketing. External factors that can open opportunities for PT Gunanusa Eramandiri include market area, market expansion and product diversification. Threats that come from external factors derive from a rival company, globalization, and dwindling supplies of raw materials in the country. Business strategies have been adopted in PT Gunanusa Eramandiri through the application of a differentiation strategy. However, the development of competition in the snack food industry in the future needs the adoption of new strategies so that the company is able to survive and create a competitive advantage compared to its competitors. This is because the snack food industry (crunchy peanut) is an industry that does not escape from the pressures emanating from outside parties.

Kata Kunci : Competitive Strategy,diversivication product, competitive advantage


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.