Analisis Strategi Bersaing PT Perusahaan Perdagangan Indonesia Yogyakarta
Muhtad Fadly, Dr. Bambang Riyanto LS., MBA.
2013 | Tesis | S2 Magister ManajemenPT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (PT. PPI) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak pada bidang perdagangan, ekspor, impor dan distribusi. Salah satu jaringan PT. PPI adalah PT. PPI Yogyakarta yang saat ini hanya bergerak pada dibidang perdagangan dan distribusi. Produk utama yang diperdagangkan oleh PT PPI Yogyakarta adalah produk consumer goods yang diproduksi oleh Unilever. Perubahan lingkungan bisnis saat ini terjadi dengan cepat dan perusahan dituntut untuk siap menghadapi perubahan tersebut dengan tetap mempertahanan keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif yang dimilikinya. Oleh sebab itu, PT PPI perlu menyikapi perubahan yang terjadi dengan menyusun strategi bersaing perusahaan yang tepat sehingga dapat mengambil keuntungan dari peluang bisnis yang ada dan menghindari ancaman-ancaman yang ada di lingkungan eksternal persaingan. Pada penelitian ini, peneliti melakukan analisis strategi persaingan PT PPI agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan industri yang dinamis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan studi lapangan pada objek penelitian. Dua tahap yang dilakukan penelitian ini adalah analisis eksternal untuk mengetahui peluang dan ancaman serta analisis internal untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan sehingga dapat merumuskan strategi persaingan yang tepat. Hasil penelitian menunjukan bahwa tantangan industri perdagangan dan distribusi consumer goods di Yogyakarta dari faktor lingkungan eksternal adalah tingkat persaingan usaha yang tinggi karena banyaknya pesaing yang menjual produk consumer goods, dominasi beberapa brand ternama dan adanya pemain yang melakukan integrasi vertikal, daya tawar konsumen yang tinggi akibat switching cost yang rendah, serta tumbuhnya pasar-pasar moderen yang mengalahkan dominasi pasar tradisional. Pertumbuhan penjualan consumer goods oleh PT PPI dalam 52 bulan terakhir cenderung mengalami penurunan akibat pertumbuhan pasar modern yang sangat pesat. Strategi bisnis yang diterapkan oleh PT PPI yaitu strategi yang berfokus melayani pasar yang kecil (niche market) sudah tepat dengan melakukan diferensiasi pelayanan dengan respon yang cepat terhadap permintaan outlet. Namun disisi lain mengandalkan respon yang cepat sebagai kompetensi perlu didukung oleh sistem informasi yang terintegrasi yang dinamakan Vendor Managed Inventory (VMI) agar kompetensi inti tersebut susah diadopsi oleh pesaing. PT PPI perlu melakukan diversifikasi produk yang diperdagangkan dan tidak bergantung pada consumer goods untuk mendapatkan profit yang berkelanjutan.
PT. Indonesia Trading Company (PT PPI) is a State-Owned Enterprises (SOEs), which operates in the areas of trade, export, import and distribution. One of the PT network. PPI is PT. PPI Yogyakarta is currently only engaged in the field of trade and distribution. The main products traded by PT PPI Yogyakarta is a consumer goods products manufactured by Unilever. Changes in today's business environment is fast and companies are required to prepare for these changes to remain competitive advantage, defense and its comparative advantage. Therefore, PT PPI needs to address the changes to the company's competitive strategy is right so as to take advantage of business opportunities and avoid the threats that exist in the external environment of competition. In this study, researchers conducted an analysis of PT PPI competitive strategies in order to adapt to a dynamic industry environment. This research is a qualitative field study on the object of research. Two phases of this research is the external analysis to determine opportunities and threats and internal analysis to determine strengths and weaknesses so that they can formulate the right competitive strategy. The results showed that the challenges of trade and distribution of consumer goods in Yogyakarta from external environmental factors is the level of competition is high because of the many competitors who sell consumer goods, the dominance of a few well-known brands and the players who did vertical integration, the bargaining power of consumers is high due to switching costs are low, and the growth of modern markets that beat traditional market dominance. Growth in sales of consumer goods by PT PPI in the last 52 months tend to decrease due to the growth of the modern market very rapidly. Business strategies implemented by PT PPI is focused strategy to serve small market (niche market) is right to differentiate the service with fast response to requests outlet. But on the other hand rely on a quick response as competence needs to be supported by an integrated information system called Vendor Managed Inventory (VMI) to core competencies are difficult to be adopted by competitors. PT PPI need to diversify the products traded and does not rely on consumer goods to earn a sustainable profit.
Kata Kunci : strategi bersaing, industri perdagangan dan distribusi, consumer goods