Laporkan Masalah

ELTI Gramedia Strategy Analysis to Enhance Competitive Advantage in Non-Formal English Education Industry

Kurnya Kusuma Dewy, Dr. Bambang Riyanto LS, MBA

2013 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Semakin banyaknya penggunaan bahasa inggris dan menjamurnya lembaga-lembaga bahasa inggris di Indonesia menunjukkan bahwa industri pendidikan dapat pula dilihat sebagai ladang bisnis yang prospektif. Pemilihan strategi yang tepat dapat membedakan kesuksesan antara satu lembaga dengan lembaga lain. Selain itu dengan pemilihan strategi yang tepat, perusahaan akan dapat menciptakan keunggulan kompetitif yang memungkinkan perusahaan tersebut bertahan lama di dalam suatu industri. Proses penganalisisan strategi di dalam suatu perusahaan pun terbilang kompleks dan mencakup banyak faktor dari faktor internal hingga faktor eksternal. Penelitian ini mengambil ELTI Gramedia Regional I sebagai objek penelitian. ELTI Gramedia sekarang menggunakan strategi ekspansi, penetrasi pasar dan pengembangan produk. Penelitian ini berusaha menganalisis apakah pemilihan strategi ELTI Gramedia tersebut sudah tepat dalam menghadapi persaingan melawan para pesaingnya. Alat penelitian yang digunakan pun beragam mulai dari Five Forces, Driving Forces, Strategic Group Mapping, hingga analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini berkesimpulan bahwa akan lebih baik bila ELTI Gramedia meleburkan strategi ekspansi, penetrasi pasar, dan pengembangan produk menjadi strategi diferensiasi. Sebagai perusahaan yang berbasis pada pelayanan, dan mengingat akan sangat sulit untuk mendiferensiasi produk pada industri ini, diferensiasi yang akan dilakukan disini sebaiknya lebih berfokus dan menekankan pada layanan yang akan diberikan oleh ELTI Gramedia kepada para pelanggannya.

The extend use of english and the easiness in finding english institution in Indonesia proved that the education industry could be seen as prospective business field. The precise strategic choice could differentiate success from one and other english institutions. Moreover, by choosing the right strategy, a firm could create competitive advantage which enable the firm to survive in an particular industry. Strategy analysis process in a company was considered as a compicated one and ranged from internal to external factors. This research used ELTI Gramedia Regional I as the research’s subject. Currently, ELTI Gramedia now use expansion, market penetration, and product development as the strategies. The research tried to analyze whether ELTI Gramedia strategic choice had already correct or not in order to face the competition against its competitors. The tools used in this research were varied from Five Forces, Driving Forces, Strategic Group Mapping, and SWOT analysis. Through the analysis, the research then concluded that it would be better if ELTI Gramedia combined those expannsion, market penetration, and product development strategies into differentiation strategy. As a company which based on service, and due to the difficulties in differentiate the product, the differentiation strategy here should be more focus and emphasize towards the services provided by ELTI Gramedia to the customers.

Kata Kunci : Pemilihan Strategi, ELTI Gramedia, Analisis Strategi, Keunggulan Kompetitif, Five Forces, Driving Forces, Strategic Group Mapping, SWOT, Strategi Differensiasi


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.