Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online pada Perusahaan PT. Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (e-Commerce B2C)
Apriantini Fiqih, Prof. Dr. Jogiyanto Hartono, MBA., Ph.D.
2013 | Tesis | S2 Magister ManajemenPT. Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (AJMI) merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa terbesar di Indonesia. Saat ini Manulife Indonesia memiliki empat saluran distribusi, antara lain keagenan (agency), korporasi (corporate distribution), bancassurance, dan direct marketing/tele marketing. Untuk mendukung pemasaran dan penjualan agen, Manulife Indonesia telah menerapkan sistem informasi penjualan online yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja yang khusus diperuntukkan untuk mendukung mobilitas agen. Meskipun telah memanfaatkan internet untuk mendukung operasional agen, penjualan produk asuransi masih terbatas pada jangkauan agen. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem informasi online yang dapat langsung diakses oleh konsumen (business to consumer) untuk memperluas jangkauan pemasaran dan penjualan produk asuransi Manulife Indonesia agar nantinya diharapkan dapat meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang sistem informasi penjualan online (e-commerce B2C) dengan menggunakan metoda pengembangan aplikasi FAST (Framework for the Application of System Thinking). Pengambilan data dilakukan dengan melakukan teknik wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis untuk mendapatkan rancangan sistem informasi seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan. Hasil akhir dari penelitian ini merupakan rancangan logis sistem informasi yang terdiri dari proses bisnis, basis data, dan arsitektur sistem.
PT. Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (AJMI) is one of the largest life insurance company in Indonesia. Menulife Indonesia currently has four distribution channels, which is agency, corporate distribution, bancassurance, and direct marketing/tele marketing. To support its marketing and sales agent activities, Manulife Indonesia has implemented an online information system that accessible anywhere and anytime that spesifically to support the agent mobility. Although it has been utilizing the intenet to support agency operations, the sales of insurance products is still limited to the range of agents. Therefore, Manulife Indonesia needs an online information system that can be directly accessed by the customer (business to consumer) to extend the range of marketing and sales of insurance products that for later is expected to increase the company’s competitive advantage. This study aims to analyze and design online sales information system (ecommerce B2C) using the method of application development FAST (Framework for the Application of System Thinking). Data collected by conducting interviews, direct observation, and company’s documentation are then analyzed to obtain necessary information as to what information system design that fits company needs. The final result of this study is the logical design of online sales information system that consist of business processes, databases, and system arhitecture.
Kata Kunci : Sistem Informasi, Sistem Informasi Penjualan, Metodologi FAST, Asuransi Jiwa