Laporkan Masalah

Strategi Bersaing Unit Bisnis LPG Bulk Industrial PT Pertamina LPG dan Gas Product Region IV berdasarkan Analisis Industri dan Keunggulan Kompetitif Berbasis Sumber Daya

Anna Dewi Lestari, Dr. Rangga Almahendra, S.T., M.M.

2013 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Dalam karya tulis ini dibahas mengenai suatu analisis persaingan dan penerapan strategi berbasis konsep keunggulan kompetitif dalam industri LPG bulk. Perusahaan yang menjadi objek penelitian adalah PT Pertamina (Persero) Unit Bisnis LPG dan Gas Product Region IV wilayah Propinsi Jawa Tengah termasuk DI Yogyakarta. Kegiatan bisnis LPG bulk adalah kegiatan pemasaran LPG dalam kemasan curah atau bulk yang diangkut dengan menggunakan armada skid tank, yang dikhususkan untuk konsumsi sektor industri pengguna bahan bakar LPG dalam kegiatan usahanya. Di Indonesia LPG bulk banyak dikonsumsi oleh industri-industri yang membutuhkan bahan bakar untuk boiler pabrik, bahan bakar memasak dan pemanas air untuk industri perhotelan dan pusat perbelanjaan, serta sebagai bahan baku produk untuk beberapa industri seperti industri korek api gas. Pasar industri pengguna LPG telah mengalami pertumbuhan dengan bertambahnya jumlah pelaku industri pelanggan LPG. Pertumbuhan potensi pasar ini pun didukung dengan kebijakan pemerintah dan kesadaran sebagian masyarakat atas isu-isu penggunaan bahan bakar ramah lingkungan dan hemat energi. Namun demikian di unit bisnis LPG bulk Pertamina LPG, saat ini mengalami tantangan berupa penurunan penjualan dan pangsa pasar. Hal ini diakibatkan faktor harga yang kurang kompetitif dan faktor peningkatan persaingan atas munculnya berbagai pelaku bisnis pemasaran LPG bulk baru yang mampu memberikan penawaran harga yang lebih bersaing. Secara umum Pertamina LPG sebenarnya memiliki berbagai keunggulan seperti kualitas spesifikasi produk yang jauh lebih baik dan sesuai spesifikasi standar, tingkat ketersediaan yang tinggi, jaringan infrastruktur yang tersebar di berbagai daerah, namun sayangnya keunggulan tersebut belum tergali sepenuhnya untuk mengoptimalkan penjualan. Berdasarkan permasalahan di atas, dalam tesis ini akan dilakukan analisis persaingan dalam bisnis pemasaran LPG bulk dalam bentuk penelitian atas faktor eksternal berupa analisis industri dan faktor internal berupa analisis rantai nilai. Dari analisis tersebut ditujukan untuk mengidentifikasi profil dan daya tarik industri LPG bulk, serta pengembangan keunggulan kompetitif yang berbasis pada sumber daya dan kapabilitas yang dimiliki Pertamina LPG. Dari hasil analisis tersebut difokuskan pada perumusan strategi bersaing yang mampu mengeksploitasi keunggulan kompetitif berbasis sumber daya internal dan aktivitas pengelolaannya.

-

Kata Kunci : LPG bulk, profil dan daya tarik industri, aktivitas rantai nilai, sumber daya dan kapabilitas, keunggulan kompetitif, strategi bersaing


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.