Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pemilihan Rumah Sakit Swasta di Gianyar dan Denpasar
Gusti Putu Darmika, Dr. dr. Susilowati., M.Kes
2013 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan MasyarakatLatar belakang: Rumah sakit sebagai badan usaha membutuhken pengelolaan dan manajemen yang handal. Pemasaran merupakan salah satu bagian utama dari manjemen rumah sakit. Strategi pemasaran membutuhkan suatu pemahaman yang menyeluruh tentang kebutuhan dan keinginan calon pengguna rumah sakit (masyarakat). Jika rumah sakit mampu memberikan apa yang diharapkan pasien maka rumah sakit akan menjadi pilihan bagi pelanggan tersebut. Untuk dapat memahami apa yang mempengaruhi pasien untuk memilih rumah sakit seorang manajer pemasaran harus mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pasien memilih rumah sakit. Rumah Sakit Ganesha sebagai rumah sakit yang sudah beroperasional selama enam tahun belum meninjukan kinerja pemasaran yang baik. Hal ini menarik perhatian peneliti untuk mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi calon pasien Rumah Sakit untuk memilih rumah sakit swasta. Adapun faktor-faktor tersebut adalah reputasi rumah sakit, pengalaman pribadi dan atau rekomendasi kerabat, rujukan dari dokter, Promosi, kenyamanan tempat umum dan keramahan, keterjangkauan/lokasi, Tarif, ketersediaan dokter spesialis, kelengkapan dan kecanggihan fasilitas. Penelitian ini menggunakan metode conjoin analisis menggunakan program SPSS 16. Tujuan: penelitian ini memiliki tujuan menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan keputusan pasien memilih rumah sakit Swasta dan faktor-faktor apa yang paling berhubungan dengan keputusan pasien memilih rumah sakit di lingkungan sekitar rumah sakit Ganesha. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain deskriptif cross seksional yang menggunakan konjoin analisis Hasil : dari penelitian ini didapatkan hasil didapatkan bahwa alasan terpenting bagi apsien dalam pemilihan rumah sakit adalah ketersediaan dokter spesialis. Faktor kedua adalah mutu pelayanan rumah sakit. Faktor berikutnya yang juga penting adalah mutu pelayanan rumah sakit. Tiga faktor berikutnya yang memiliki tingkat kepentingan lebih rendah berturut turut adalah adalah keterjangkauan, keramahan petugas dan kenyamanan suasana rumah sakit. Karakteristik responden tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap alasan pemilihan rumah sakit.
Background: Hospital as a business entity need a reliable management. Marketing is one of the main part of the iterative hospital. Marketing strategy requires a thorough understanding of the needs and desires of prospective users of the hospital (community). If the hospital is able to provide what the patient expected the hospital would be an option for those customers. To understand what influences patients to choose hospitals a marketing manager should identify the factors that influence patients to choose hospitals. Ganesha's Hospital as a hospital that has been operational for six years has not shown good marketing performance. This attracted the attention of researchers to identify what factors are affecting prospective hospital patients to choose a private hospital. The factors are the hospital's reputation, experience and personal or family recommendation, referral from a physician, promotion, public convenience and friendliness, accessibility/location, rates, availability of specialists, completeness and sophistication of the facility. This study uses conjoin analysis using SPSS 16. Objective : This study has the objective to analyze the factors associated with the patient's decision to choose private hospitals and what factors are most associated with the decision of choosing a hospital. Method: This study is a quantitative study using a descriptive cross sectional design using conjoin analysis. Results: This study found that the most important reason for patient in the selection of hospitals is the availability of specialist doctors. The second factor is the quality of hospital services. The next factor that is important is the quality of hospital reputation. The next three factors that have a lower interest rate is the accesability, friendly staff and comfortable of hospital area.
Kata Kunci : Keputusan memilih Rumah Sakit, konjoin analisis