Laporkan Masalah

PELAKSANAAN PROGRAM USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DAN PERILAKU HIDUP SEHAT SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) DI WILAYAH KECAMATAN PLERET

Eka Nur Rahayu, dr. Mubasysyir Hasanbasri, MA

2012 | Tesis | S2 Kesehatan Masyarakat/MMPK

Latar Belakang: Pelaksanaan kegiatan program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) memerlukan dukungan ketenagaan, pendanaan, sarana prasarana, untuk pengembangan. Kepala desa, kepala sekolah, guru, organisasi siswa, puskesmas, orangtua, serta unsur lain yang relevan merupakan bagian penting dari tim pelaksana UKS. Pembiayaan dan pengembangan UKS berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan, Belanja Daerah (APBD) provinsi dan kabupaten/ kota serta Anggaran Pendapatan, Belanja Sekolah serta sumber daya lain yang sah dan tidak mengikat seperti dari lembaga swadaya masyarakat atau organisasi dalam maupun luar negeri. Berbagai macam faktor dapat mempengaruhi keberhasilan program UKS yang pada akhirnya mempengaruhi perilaku hidup sehat siswa. Salah satunya adalah kepemimpinan yang merupakan kemampuan individu untuk mempengaruhi, memotivasi dan membuat orang lain mampu memberikan kontribusinya demi efektivitas dan keberhasilan organisasi termasuk UKS. Kepala sekolah sebagai ketua tim pelaksana program UKS di sekolah berperan penting dalam pelaksana kegiatan tersebut. Selain itu strata UKS, keterlibatan orangtua/ wali murid, bantuan dari pihak luar mempengaruhi kesuksesan program sekolah yang sehat. Madrasah Ibtidaiyah Negeri Jejeran pada tahun 2009 pernah menjadi juara II lomba UKS tingkat Nasional mewakili provinsi DIY dikarenakan berfungsinya upaya-upaya kesehatan tersebut. Namun demikian masih banyak sekolah lain yang belum melaksanakan program UKS dengan optimal. Tujuan: Mengetahui bagaimana pelaksanaan UKS untuk meningkatkan perilaku hidup sehat siswa sekolah dasar. Metodologi Penelitian: Desain penelitian ini adalah studi kasus pelaksanaan UKS di MIN Jejeran. Penelitian ini mengidentifikasi faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan UKS terutama aspek kepemimpinan , perilaku siswa dan peran LSM . Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, penyebaran kuesioner, wawancara dan diskusi kelompok terarah. Unit analisis penelitian ini adalah sekolah di ambil menggunakan tehnik purposive sampling. Tehnik analisis data menggunakan triangulasi data. Hasil Penelitian: Pelaksanaan program UKS di MIN jejeran memiliki strata paripurna baik dari fasilitas, pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat. Perilaku hidup sehat siswa di MIN jejeran sudah baik. Peran serta masyakarat luar sekolah terutama dari puskesmas sangat mendukung pelaksanaan program UKS. Selain itu orangtua murid dan LSM yang masih mendukung sejak tahun 2006 sampai sekarang adalah PLAN dengan pembangunan fasilitas, dana, sarana, alat, pembinaan tehnis, pelatihan dan juga studi banding. Kepemimpinan kepala sekolah sangat penting dalam pengorganisasian dan membuat perencanaan dalam pengembangan kedepan dengan melibatkan semua guru dan staf karyawan yang ada dengan pendekatan melalui agama. Kesimpulan: Kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dapat dioptimalkan dengan dorongan kepala sekolah sebagai pemimpin guru, orangtua/ wali murid dan siswa dalam berbagai upaya kesehatan sekolah. Namun demikian upaya ini diperkuat dengan dukungan pihak lain seperti puskesmas, LSM, dan dinas pendidikan sebagai upaya bersama dalam membangun strata UKS dengan memperhatikan karakteristik bawahan dan sosiokultural, yang pada akhirnya dapat berpengaruh terhadap perilaku hidup sehat siswa.

Background: The implementation of School Health program (UKS) requires competence of workforce, funding, facilities, for the development. Village heads, principals, teachers, student organizations, health centers, parents, and other relevant elements are amongst of the UKS’s implementation team. UKS obtains funding from the State Budget, District Alocation Budget, school allocation budget and other resources such-as nongovernmental organizations. Many factors influence the successful of UKS program. One of key success is school leadership. Leadership is the ability of individuals to influence, motivate and make others able to contribute to the effectiveness and organizational success. The school principal as the leader school health program affects the successful of activities. The State Islamic elementary schools Jejeran in 2009 became the second winner of the National UKS competitions representing the DIY province. Many factors influence the succesfull by the factor are still many schools that do not perform UKS very well. Purpose: Knowing how to improve the implementation of the UKS health behavior of primary school students. Research Methodology: The study design is a case study in the UKS implementation of the row of MIN. This study identifies factors that influence the success of the UKS particular aspect of leadership, student behavior and the role of NGOs. Data was collected through observation, questionnaires, interviews and focus groups. The unit of analysis in this study were taken using a school purposive sampling technique. Data analysis techniques using data triangulation. Result: Implementation of the program has lined MIN UKS in both plenary strata of facilities, health education, health care and fostering a healthy school environment. Health behavior of students in the MIN are well lined. The role of the society outside the school, especially from the health center strongly supports the implementation of the program UKS. In addition parents and NGOs who are supporting since 2006 until now is the PLAN with the construction of facilities, funds, facilities, equipment, technical guidance, training and study tours. Principal leadership is critical in organizing and planning the future development by engaging all teachers and staff employees who have to approach through religion. Conclusion: Health Operations School (UKS) can be optimized with the encouragement of the principal as a leader of teachers, parents / guardians and students in the school health efforts. However, these efforts be strengthened with the support of other parties such as health centers, NGOs, and educational services as a joint effort in building the UKS strata with respect to subordinates and sociocultural characteristics, which in turn can influence the health behavior of students.

Kata Kunci : Kepemimpinan, program usaha kesehatan sekolah, perilaku hidup sehat.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.