Laporkan Masalah

ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP PERLUASAN MEREK PRENAGEN

KRESY ARBA YUNIAR, S.FAR., Prof. Dr. Lukman Hakim, Apt., M.Sc

2012 | Tesis | S2 Mag.Manaj.Farmasi

Merek bukan hanya bagian dari produk, tetapi merek yang baik akan memberikan jaminan kualitas bagi perusahaan, karena merek bukan sekedar nama tetapi merek merupakan aset dari perusahaan. Merek susu Prenagen Junior merupakan produk eksperimen fiktif yang digunakan dalam penelitian ini sebagai perluasan produk Prenagen untuk kehamilan dan menyusui. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap konsumen terhadap perluasan merek Prenagen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rancangan preeksperimen_ one shot case study. Sampel diambil dari populasi yang pernah menggunakan produk Prenagen baik Prenagen Esensis, Prenagen Emesis, Prenagen Mommy atau Prenagen Lactamom dalam waktu 6 bulan terakhir, sebanyak 154 responden. Hasil yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemiripan, reputasi merek induk, perceived risk dan innovativeness memberikan pengaruh yang signifikan terhadap sikap konsumen pada produk perluasan merek (R2 : 0,556; p < 0,05). Secara parsial, kemiripan produk perluasan merek dengan produk merek induk memberikan pengaruh yang signifikan (20,8%), reputasi merek induk memberikan pengaruh yang signifikan (10,0%) dan perceived risk memberikan pengaruh yang signifikan (23,3%) terhadap sikap konsumen pada produk perluasan merek. Sedangkan variabel Innovativeness tidak berpengaruh secara signifikan terhadap sikap terhadap perluasan merek (B : 0,126 ; p > 0,05).

Good brand will provide quality assurance for the company, because brand is not just a name but a brand is an asset of the company. Prenagen Junior, a brand extension of Prenagen products for pregnancy and lactation, is a fictitious experiment in this study. The aim is to analyze consumer attitudes towards brand extension. The method used pre-eksperimen_one shot case study. The population is taken from respondents who had used Prenagen products either Prenagen Esensis, Prenagen Emesis, Prenagen Mommy, or Prenagen Lactamom within last 6 months. A sample of 154 respondents is drawn from that population. The results obtained were analyzed using multiple regression analysis method. The results simultaneously showed that the similarity, brand reputation of origin, perceived risk, and innovativeness deliver a significant influence on consumers' attitude towards brand extension (R2 : 0,556; p < 0,05). The similarity of brand extension product with the parent brand, the parent brand's reputation, perceived risk has a significant influence by 20,8 %, 10,0 %, and 23,3 % respectively on the consumers' attitude towards the brand extension product. While the innovativeness variable is not significant influence on that (B : 0,126 ; p > 0,05).

Kata Kunci : Perluasan Merek, Kemiripan, Reputasi Merek Induk, Perceived risk, Innovativeness, Sikap Konsumen


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.