KUALITAS PELAYANAN KTP DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SORONG
YOHANES YABLE, Dr. Ely Susanto
2012 | Tesis | S2 Magister Adm. PublikTesis ini membahas tentang kualitas pelayanan KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sorong.Berawal dari adanya ketidaksuksesan penyelenggaraan pelayanan KTP di Kabupaten Sorong yang berakibat pada hampir sebagian besar masyarakat Kabupaten Sorong pada awal tahun 2011 belum memiliki KTP,oleh karena itu ada langkahlangkah yang diambil guna mengatasi permasalahan tersebut.Dengan demikian Tesis ini bertujuan mengukur kualitas pelayanan KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sorong. Kualitas Pelayanan pada penelitian ini adalah kesesuaian penyelenggaraan pelayanan KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sorong dengan standar pelayanan menurut KEPMENPAN Nomor 63 Tahun 2004 (Ratminto & Winarsih 2005:23-24) yang terdiri dari 6 indikator yakni prosedur pelayanan,waktu pelayanan,biaya pelayanan,produk pelayanan,sarana dan prasarana pelayanan serta kompetensi petugas pelayanan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Dengan mengunakan teknik wawancara,observasi dan dokumentasi penelitian ini mencari dan mengali informasi dari 3 orang respoden pegawai dan 70 responden masyarakat yang melakukan pengurusan KTP pada Dinas kependudukan dan Pencatatan sipil.Pengamatan langsung pada tempat pelayanan dan dukungan dokumen-dokumen yang ada menambah akurasi data dan informasi yang di kumpulkan. Hasil dari penelitian ini adalah dari 6 indikator yang dilihat untuk mengukur kualitas pelayanan KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sorong,4 indikator diantaranya prosedur pelayanan , waktu pelayanan , ketersediaan sarana dan prasaran pelayanan serta kompetensi petugas pelayanan terlihat masih kurang baik atau kurang memadai.Sementara itu 2 indikator diantaranya biaya pelayanan dan produk pelayanan sudah dapat dikatakan baik.Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan KTP di Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil Kabupaten Sorong masih belum memadai. Dan Saran yang dapat dibuat yakni Prosedur yang masih panjang perlu disederhanakan lagi sehingga sesuai dengan kondisi lingkungan setempat.Pegawasan dari pimpinan instansi perlu ditingkatkan dan diperketat guna memberikan tekanan kepada bawahan sehingga lebih meningkatkan kinerjanya. Pengadaan dan pemasangan peralatan elektronik harus dipercepat sehingga pelayanan secara elektronik dapat segera dilaksankan.Dan Meningkatkan kemampuan dan keahlian Petugas khususnya penggunaan peralatan yang berbasis teknologi sehingga petugas dapat mengggunakan perlatan dan perlengkapan yang berbasis elektronik yang tentunya akan membantu memperlancar pelaksanaan pelayanan.
The present thesis is about service quality of Identity Cards in Department of Population and Civil Registration, Sorong Regency. Beginning from the failure on implementation of the Identity Cards service in Sorong Regency which resulted in most community of Sorong Regency at the early 2011 have not Identity Cards, therefore there are steps taken to overcome the problems such Thus this thesis aims to measure the service quality of Identity Cards at the Department of Population and Civil Registration, Sorong Regency. The service quality in this research is the conformity on implementation of Identity Cards service in the Department of Population and Civil Registration, Sorong Regency with the service standards according to KEPMENPAN Number 63 Year 2004 (Ratminto & Winarsih 2005:23- 24), which consists of six indicators viz., service procedures, service time, service cost, service product, means and facilities as well as the competence of service personnel. The research method used in this research is a descriptive using qualitative approach. By interview techniques, observation and documentation this research exploring and seeking for information from 3 employees respoden and 70 community respondents who arrange Identity Cards in Department of Population and Cipil Registration. Direct observation of on site service and support of the existing documents add to the accuracy of data and information collected. The results of research were from six indicators observed to measure the service quality of Identity Cards in Department of Population and Civil Registration, Sorong Regency, 4 indicators including service procedures, service time, availability of means and facilities and competence of service personnel were still poor or inadequate. Meanwhile, 2 indicators such as service cost and services products was appropriate. Thus the conclusion from this research is the service quality of Identity Cards in Department of Population and Civil registration, Sorong Regency still inadequate. Suggestions can be made were that a long procedure still needs to be simplified so in accordance with the local environmental. Supervision from instance management needs to be improved and tightened in order to put pressure on the subordinates so that more improve their performance. Procurement and installation of electronic equipment should be accelerated so that services electronically can be implemented immediately. And Increasing the capacity and expertise of officers particularly the use of technology-based instrument so that the officers can use the electronics-based equipment and instrument that will surely help to facilitate the implementation of services.
Kata Kunci : Quality Service, Identity Card, Service Quality Indicator,  Â