Laporkan Masalah

PENGARUH DESAIN ORGANISASI, GAYA KEPEMIMPINAN DAN IKLIM KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN ( Studi Pada PT. Kimia Farma Apotek Yogyakarta )

Muhammad Ridwan ., S.Si., Apt, Prof. Dr. Achmad Fudholi, DEA., Apt

2012 | Tesis | S2 Mag.Manaj.Farmasi

Kinerja merupakan gambaran mengenai tingkat pencapaian pelaksanaan suatu kegiatan atau program atau kebijakan dalam rangka untuk mewujudkan sasaran, tujuan, misi dan visi organisasi yang tertuang dalam perumusan skema strategi suatu organisasi. Kinerja yang tinggi merupakan keniscayaan bagi suatu organisasi untuk dapat tetap sustainable. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh desain organisasi, gaya kepemimpinan, dan iklim kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Kimia Farma Apotek Yogyakarta. Rancangan penelitian yang digunakan adalah observasional dengan analitik cross-sectional. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner tertutup dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode sensus. Jumlah populasi yang tersedia sebagai responden penelitian sebanyak 160 orang, yang memberikan tanggapan atas kuesioner yang diberikan dan dinyatakan lengkap 121 reponden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara desain organisasi, gaya kepemimpinan, dan iklim kerja dengan kinerja karyawan (F hitung (14,342) > F tabel (2,68) dan p = 0,000) dengan sumbangan efektif sebesar 26,9%. Hal ini berarti bahwa desain organisasi, gaya kepemimpinan, dan iklim kerja secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap kinerja karyawan. Secara parsial berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana, menunjukkan bahwa desain organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan (t hitung (2,057) > t tabel (1,658) dan p = 0,042) dengan sumbangan efektif 8,2%. Ini berarti bahwa semakin efektif desain organisasi maka semakin tinggi kinerja karyawan. Selanjutnya, hasil analisis uji-t gaya kepemimpinan menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan (t hitung (2,354) > t tabel (1,658) dan p = 0,020) dengan sumbangan efektif sebesar 6,1%. Ini berarti bahwa semakin efektif gaya kepemimpinan maka semakin tinggi kinerja karyawan. Hasil analisis uji-t iklim kerja menunjukkan ada pengaruh positif dan sangat signifikan terhadap kinerja karyawan (t hitung (4,782) > t tabel (1,658) dan p = 0,000) dengan sumbangan efektif sebesar 19,9%. Ini berarti bahwa semakin kondusif iklim kerja maka semakin tinggi kinerja karyawan.

Performance is an overview of the implementation of the achievement level of an activity or program or policy in order to realize the goals, objectives, mission and vision of the organization as stated in the formulation of an organizational strategy scheme. High performance is a necessity for an organization to be able to remain sustainable. The objective of this research is to determine the influence of organizational design, leadership style and work climate toward employee performance in PT. Kimia Farma Apotek Yogyakarta. The design of study is observational with cross sectional analytic. Data collection conducted using a questionnaire closed with the sampling technique using census method. The population numbers available for study respondents as much as 160 people, who responded to the questionnare provided and declared complete 121 respondents. Data were analyzed using simple linier regression and multiple linier regression. Based on the results of multiple linier regression analysis showed that there was a positive and significant impact between organizational design, leadership style, work climate and employee performance (the calculated F value (14,342) > F table (2,68) and p = 0,000) with the effective contribute of 26,9%. This means that the organizational design, leadership style, and work climate jointly influence on employee performance. Partially based on the results of simple regression analysis, showing that the design of the organization have a positive and significant impact on employee performance (t count value (2,057) > t table (1,658) and p = 0,042) with the effective contribute of 8,2%. This means that the more effective the organizational design, the higher of employee performance. Furthermore, the results of the t-test analysis shows that leadership style have a positive and significant impact on employee performance (t count value (2,354) > t table (1,658) and p = 0,020) with the effective contribute of 6,1%. This means that the more effective leadership style, the higher of employee performance. The results of the t-test analysis showing that work climate have a positive and significant impact on employee performance (t count value (4,782) > t table (1,658) and p = 0,000) with the effective contribute of 19,9%. This means that the more favorable work climate, the higher the work performance of employees.

Kata Kunci : Desain Organisasi, Gaya Kepemimpinan, Iklim Kerja, Kinerja Karyawan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.