Laporkan Masalah

NILAI EKONOMI BENTENG ROTTERDAM DAN MUSEUM LA GALIGO KOTA MAKASSAR: APLIKASI TRAVEL COST DAN CONTINGENT VALUATION METHOD

Muhammad Azwar Waris, Poppy Ismalina, M.Ec., Ph.D.

2012 | Tesis | S2 Magister Ek.Pembangunan

Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi nilai ekonomi dari Benteng Rotterdam dan Museum La Galigo. Penilaian ekonomi terhadap Benteng Rotterdam dan Museum La Galigo ini merupakan aplikasi Travel Cost dan Contingent Valuation Method dengan menggunakan data individu pengunjung. Sampel yang digunakan baik pada Travel Cost maupun Contingent Valuation Method adalah sebanyak 115 pengunjung. Faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah kunjungan ke Benteng Rotterdam dan Museum La Galigo adalah biaya perjalanan, pendapatan dan lama pendidikan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesediaan membayar individu terhadap Benteng Rotterdam adalah biaya perjalanan, pendapatan, usia, lama pendidikan dan substitusi. Kesediaan membayar individu atas Museum La Galigo dipenagaruhi oleh biaya perjalanan, pendapatan, usia, lama pendidikan dan substitusi. Surplus konsumen yang dihasilkan melalui Travel Cost Method berada pada kisaran Rp1.029.601,03 sampai dengan Rp7.505.791,50. Kesediaan membayar pengunjung terhadap Benteng Rotterdam pada Contingent Valuation Method adalah Rp3.400,00, sedangkan terhadap Museum La Galigo adalah sebesar Rp10.700,00. Nilai ekonomi Benteng Rotterdam dan Museum La Galigo berdasarkan Travel Cost Method berada pada interval Rp41.716.344.933,00 sampai dengan Rp304.112.154.206,00. Nilai ekonomi Benteng Rotterdam berdasarkan Contingent Valuation Method adalah sebesar Rp137.757.800,00. Nilai ekonomi Museum La Galigo berdasarkan Contingent Valuation Method adalah sebesar Rp258.169.600,00.

This research aimed to estimate the economic value of Fort Rotterdam and La Galigo Museum. The economic valuation of Fort Rotterdam and La Galigo Museum was the travel cost method and contingent valuation aplication by using the visitors individual data. Sample used both for travel cost and contingent valuation method was 115 visitors. Factors that influenced the number of visits to the Fort Rotterdam and La Galigo Museum are travel cost, income, and education. Factors that influenced the individual willingness to pay for the Fort Rotterdam are travel cost, income, age, education, and substitute. The individual willingness to pay for La Galigo Museum are influenced by travel cost, income, age, education, and substitute. The consumer surplus result for travel cost method was Rp1.029.601,03 – Rp7.505.791,50. The willingness to pay of the Fort Rotterdam visitors was Rp3.400,00, and for the La Galigo Museum was Rp10.700,00. The economic value interval of Fort Rotterdam and La Galigo Museum using travel cost method was Rp41.716.344.933,00 – Rp304.112.154.206,00. The economic value of Fort Rotterdam using contingent valuation method was Rp137.757.800,00. The economic value of La Galigo Museum using the same method was Rp258.169.600,00.

Kata Kunci : nilai ekonomi, travel cost method, contingent valuation method, Benteng Rotterdam, Museum La Galigo.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.