EVALUASI KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN PENGGUNA INFORMASI E-GOVERNMENT (WEBSITE) PADA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAERAH (SIMDA) KABUPATEN KOLAKA
Zaitun, S.P., Dr. Ir. Ageng Setiawan Herianto
2012 | Tesis | S2 Penyuluhan dan Komunikasi PembangunanPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pengguna layanan informasi e-government (website) pada sistem informasi menajemen daerah (SIMDA) yang ada di Pemda Kabupaten Kolaka. Penelitian ini dilakukan dengan metode gabungan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif dilakukan untuk memahami proses pengelolaan informasi oleh pihak BAPESIKOM/PDE, sedangkan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui kepuasan pengguna layanan informasi berbasis Website atas adanya kinerja pengelola informasi. Informan yang diwawancarai dalam pendekatan kualitatif sebanyak 6 orang. Sampel pengguna layanan informasi pada pendekatan kuantitatif dipilih dengan metode cluster random sampling sebanyak 40 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan informasi tidak berkualitas. Tidak berkualitasnya pengelolaan layanan informasi terletak pada tidak adanya langkahlangkah strategis untuk menghasilkan kualitas informasi. Pengguna layanan informasi Pemda Kabupaten Kolaka menyatakan tidak puas atas layanan informasi berbasis Website.
This research aimed to investigate the users’ satisfaction on information service e-government (website) service at Regional information management system (SIMDA) in Kolaka Regency. The methods used were qualitative and quantitative approaches. Qualitative approach used for process information management understanding by BAPESIKOM/PDE. Meanwhile, quantitative approach used to investigate the user satisfied on information service website based on the information management performance. The informants were interviewed in qualitative approach were 6 persons. The sample of users information service which chosen by simple random sampling method were 40 respondents. The result of the research shown that the information management was not qualified. It was presumed on no strategies to produce good quality of qualified information. Information service users of Kolaka Regional Regency stated their unsatisfied on the using of information service based Website.
Kata Kunci : SIMDA; evaluasi ; kepuasan pelayanan informasi