Laporkan Masalah

PERLUASAN BRAND SEBAGAI STRATEGI BRANDING PENINGKATAN REPUTASI RUMAH SAKIT

MIA RAHMA ROMADONA, Dr. Magda Binnety Etsem, S.Psi., M.Si.

2012 | Tesis | S2 Magister Profesi Psikologi

Perluasan brand merupakan salah satu strategi pemasaran yang banyak dilakukan oleh berbagai organisasi, untuk mendapatkan persepsi positif konsumen dan mengurangi pembiayaan ketika meluncurkan produk baru. Rumah sakit juga merupakan organisasi yang melakukan strategi branding dengan perluasan brand berupa layanan jasa kesehatan, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan reputasi di masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan multi studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui dan memahami dinamika perluasan brand sebagai strategi branding dari tiga rumah sakit yang mengeluarkan brand untuk meningkatkan reputasinya. Alat untuk mengumpulan data menggunakan wawancara semi-terstruktur, observasi dan studi dokumen untuk menggali strategi branding yang digunakan pada perluasan brand. Penelitian ini melibatkan tiga rumah sakit swasta tipe B di Yogyakarta yang memiliki brand di pasaran. Hasil analisis data pada penelitian ini adalah perluasan brand yang digunakan sebagai salah satu strategi branding telah mampu meningkatkan reputasi rumah sakit menjadi lebih baik di lingkungan masyarakat. Salah satunya bentuk dari strategi branding yang dilakukan adalah perluasan brand dengan perluasan-perluasan jasa kesehatan yang dibuat bedasarkan visi, misi, kekuatan internal rumah sakit, dan harapan pasien. Perluasan brand yang dilakukan juga membantu dan memudahkan rumah sakit untuk melakukan promosi produk jasa layanan kesehatan, sehingga mampu menambah nilai positif bagi reputasi rumah sakit

Brand extension is one of the many marketing strategies undertaken by various organizations, to gain a positive perception of consumers and to reduce funding when launching new products. The hospital is also an organization that has branding strategy with a brand extension of health services, as an effort to enhance its reputation in the community. The study uses a qualitative multiple case study approach that aims to identify and understand the dynamics of brand extension as a branding strategy of the three hospitals that issued the brand to improve its reputation. Tools for the data collected using semi-structured interviews, observation and document study to explore the branding strategies used in the expansion of the brand. The study involved three private hospitals in Yogyakarta type B that has a brand on the market. The results of data analysis is the brand extension is used as a branding strategy has been able to enhance the reputation of a hospital for the better in society. One of branding strategies is a brand extension to the extensions of health services are made based on the vision, mission, internal strengths hospitals, and patient expectations. Brand extension is performed also assist and facilitate the hospitals for health care product promotion services, so as to add a positive value for the hospital’s reputation.

Kata Kunci : perluasan brand, strategi branding, reputasi


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.