Laporkan Masalah

RELATIONSHIP MARKETING DALAM PEMASARAN JASA HOTEL ( STUDI KASUS RELATIONSHIP MARKETING DI GRAND PASUNDAN CONVENTION HOTEL BANDUNG)

WIRANINDYA SANTY, Prof. Dr. Nunung Prajarto, M.A.

2012 | Tesis | S2 Ilmu Politik/Ilmu Komunikasi

Grand Pasundan Convention Hotel sebagai usaha yang bergerak di bidang jasa, menggunakan pendekatan yang cocok digunakan untuk mencapai kepuasan konsumen yaitu dengan Relationship Marketing agar dapat tercapai loyalitas dari pelanggan. Cara-cara pemasaran jasa hotel kepada customer oleh Grand Pasundan Convention Hotel Bandung, yaitu dengan melakukan komunikasi penjualan, penetapan strategi harga, relationship marketing, serta dengan pelayanan yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran pelaksanaan Relationship Marketing yang dilakukan Grand Pasundan Convention Hotel Bandung. Dari tujuan tersebut, peneliti mengkaji beberapa aspek dari perencanaan, pelakasanaan hingga evaluasi Relationship Marketing di hotel tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian studi kasus. Peneliti memilih jenis penelitian studi kasus karena ingin mendapatkan hasil yang mendalam dari kajian relationship marketing yang di laksanakan di Grand Pasundan Convention Hotel Bandung untuk membuktikan fenomena yang sesuai antara teori yang ada dengan kondisi riel di lapangan. Hasil penelitian menunjukan implikasi dari penerapan konsep relationship marketing di Grand Pasundan pada dasarnya adalah komitmen dari manajemen hotel, merupakan faktor yang mendasar dalam keberhasilan penerapan relationship marketing. Salah satu dari penerapan relationship marketing adalah pandangan bahwa konsumen adalah profit center. Terdapat lima tahap dalam proses pengambangan relationship marketing di Hotel Grand Pasundan dengan pelanggan yaitu awareness, exploration, expansion, commitment dan dissolutio.

Grand Pasundan Convention Hotel as a business engaged in the service, using a suitable approach to achieve customer satisfaction is the Relationship Marketing in order to achieve the loyalty of customers. Method of marketing services to the customer by the hotel Grand Pasundan Hotel Bandung Convention, namely to do with the sales communication, setting pricing strategies, relationship marketing, and with good service. The purpose of this study is to get a picture of the implementation Relationship Marketing is done Grand Pasundan Convention Hotel Bandung. Of these objectives, the researchers examined several aspects of planning, implementation, evaluation to Relationship Marketing at the hotel. In this study, researchers used a case study. Researchers choose the type of case study research because they want to get the depth of relationship marketing studies are carried on at the Grand Pasundan Convention Hotel Bandung to prove the corresponding phenomena that exist between theory riel in field conditions. The results showed implication of application of the concept of relationship marketing at the Grand Pasundan is essentially a commitment of hotel management, is a fundamental factor in the successful implementation of relationship marketing. One of the application of relationship marketing is the view that the consumer is a profit center. There are five stages in the process of floating relationship marketing at the Grand Pasundan Hotel with the customer awareness, exploration, expansion, commitment and dissolutio.

Kata Kunci : Relationship Marketing, Pelanggan, Grand Pasundan Convention Hotel


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.