Laporkan Masalah

PENGARUH EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP DISIPLIN KERJA PEGAWAI DI LINGKUNGAN SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN BULUNGAN

Azis, Dr. Ir. F.Trisakti Haryadi, M.Si,Ph.D,

2012 | Tesis | S2 Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan

Komunikasi Organisasi adalah sendi dasar terjadinya interaksi sosial, antara satu orang dengan orang lain yang saling tolong menolong, memberi, menerima, dan saling tergantung, sehingga terjadi kesepahaman atau saling pengertian antara satu orang dengan orang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis tingkat efektivitas komunikasi organisasi (2) pengaruh efektivitas komunikasi organisasi terhadap disiplin kerja pegawai di lingkungan sekretariat daerah Kabupaten Bulungan. Metode dasar penelitian ini adalah metode survei yang ditandai proses pengambilan sampel dari populasi serta menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data, dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di sekretariat daerah Kabupaten Bulungan, dan penarikan sampel responden menggunakan random sampling (teknik acak), jumlah responden ditentukan berdasarkan pendekatan Tabel Morgan, yaitu 136 responden staf pelaksana sekretariat daerah Kabupaten Bulungan. Data dianalisis dengan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan distribusi kategori responden diperoleh tingkat efektivitas komunikasi organisasi pada kategori sedang sebesar 77,00%, dan sebagian besar distribusi analisis responden berdasarkan kategori disiplin kerja pegawai pada posisi sedang sebesar 63,2%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pangaruh efektivitas komunikasi organisasi terhadap disiplin kerja pegawai. Pengaruh ini positif, yang berarti bahwa semakin tinggi efektivitas komunikasi organisasi maka semakin tinggi pula disiplin kerja pegawai.

Organizational communication is a joint basis of social interaction, from one person to another person helping each other, giving, receiving, and mutual dependence, resulting in the sepahaman or understanding between one person to another. This study aims to (1) analyze the effectiveness of organizational communication (2) influence the effectiveness of organizational communication to discipline employees of the secretariat of the working strip Bulungan District. The basic method of this study is a survey method in mark-making process as well as samples of the population using a questionnaire as a data collection tool, with a quantitative approach. The study was conducted secretariat Bulungan regency. Sampling of respondents using random sampling (random technique) the number of respondents is determined based on the Morgan table approach. Ie 136 respondents executive secretariat staff Bulungan regency. Data were analyzed with simple linear regression test. Based on the distribution of test results by category of respondents rate the effectiveness of organizational communication is the category of bing moderate 77.00%. And distribution of the results analysis of respondents by category of working discipline an employee in the position of being moderate 63.2%. The results showed That level of communication effectiveness of the organizational to discipline an employee working on the regression equation. Which explains the positive coefficient. The higher level of communication effectiveness of the organizational can better labor discipline Encourage employees.

Kata Kunci : Efektivitas Komunikasi Organisasi, Disiplin Kerja Pegawai.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.