Kajian Parameter Struktur Groin Permeable Tiang Untuk Pengendalian Arus Menyusur Pantai (Longshore Current)
HASDINAR UMAR, Prof. Ir. Nur Yuwono, Dip.H.E., Ph.D
2012 | Disertasi | S3 Teknik SipilPengendalian arus dan angkutan sedimen menyusur pantai dengan menggunakan struktur groin permeable adalah metode perlindungan garis pantai yang cukup efektif untuk melindungi garis pantai dari permasalahan erosi dan sedimentasi. Groin permeable dapat mereduksi arus dan angkutan sedimen menyusur pantai namun tidak menghambat secara penuh arus dan angkutan sedimen yang terjadi, sehingga masih memungkinkan adanya angkutan sedimen di kedua sisi groin dan perubahan mendadak pada garis pantai di bagian hulu dan hilir groin dapat dikurangi. Kecepatan rerata arus menyusur pantai (v) dirumuskan secara teoritis dari teori-teori yang digunakan dalam persamaan Longuet-Higgins (1970) dengan memasukkan parameter kerapatan groin dan parameter struktur groin permeable sebagai fungsi hambatan terhadap arus menyusur pantai. Verifikasi persamaan kecepatan arus menyusur pantai dilakukan melalui penelitian tiga dimensi (3D) pada kolam gelombang menggunakan model pantai fixed bed dan pengukuran kecepatan arus menggunakan ADV (Accoustic Doppler Velocimetry) dan pelampung. Variasi struktur groin yang digunakan adalah diameter 1.5 cm dan 1.25 cm, serta variasi jarak antar tiang-tiang groin adalah 0.7 cm dan 1.0 cm.
Permeable groin is a coastal protection structure that is flexible and effective to control the longshore current and hence longshore sediment transport. The ability to reduce both longshore currents and longshore sediment transport to a desired extent to provide more control to avoid unwanted sudden changes of shoreline in particular area. The average longshore current velocity (v) through permeable groins can be developed theoretically based on Longuet-Higgins (1970) equation by incorporating structure parameters of permeable groin namely the distance between the piles (p), diameter of the pile (dt), and number of the groin (n). Verification of longshore current equation was carried out by measuring the longshore current at model scale using Accoustic Doppler Velocimetry (ADV) and floating objects. The groin models were made of piles of 1.5 cm and 1.25 cm in diameters and 0.7 cm and 1.0 cm variation of distances between piles.
Kata Kunci : groin permeable, arus menyusur pantai, koefisien reduksi arus