Laporkan Masalah

Peningkatan Disiplin Siswa melalui Poin Kredit Pelanggaran Siswa Pada SMP N 3 Ngaglik Sleman Yogyakarta

Wijaya Tanijaya, Nurul Indarti, S.E., Sivilokonom, Cand. Merc., Ph.D.

2012 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Disiplin Sekolah merupakan bagian yang sangat penting bagi sebuah institusi pendidikan (sekolah). Sekolah yang baik bukan hanya dapat dilihat dari segi kualitas pendidikannya, tetapi juga dapat dilihat dari segi kedisiplinan sekolah tersebut. PKPS adalah salah satu cara bagi sekolah untuk mengendalikan disiplin siswa- siswinya. Penelitian pada SMP Negeri 3 Ngaglik, Sleman Yogyakarta menunjukkan bahwa PKPS terbukti dapat meningkatkan disiplin siswa sehingga kasus pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh siswa dapat berkurang. Beberapa keunggulan PKPS antara lain: 1. fokus pada disiplin siswa (pelanggaran disiplin siswa), 2. bahasa yang digunakan santun dan dapat dipahami dengan mudah oleh siswa, 3. melibatkan semua warga sekolah secara aktif dan berkelanjutan, 4. lebih menjamin perlakuan adil bagi seluruh warga sekolah, 5. penerapannya sederhana dan mudah, dan 6. bersifat mendidik bagi siswa.

Discipline is very important part of an educational institution. A good school is not merely because of its academic achievement but also its discipline. PKPS is one of the ways the school controls the students discipline. The research conducted at SMP Negeri 3 Ngaglik, Sleman, Yogyakarta, shows that PKPS is able to increase students’ discipline and school rules breaking decreases. Some of the excellences of PKPS, among others are : 1. the students focus on discipline, 2. the language used is easily understood and polite, 3. involves all school community members, 4. guarantees the fair treatment, 5. it is easy in application, and 6. it is pedagogic for students,

Kata Kunci : disiplin sekolah, PKPS, disiplin siswa, perlakuan adil, bersifat mendidik.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.