Laporkan Masalah

Evaluasi Strategi Bisnis Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912

Togar Parlindungan Pasaribu, Dr. Amin Wibowo, MBA.

2012 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman mendalam mengenai strategi bisnis yang saat ini diimplementasikan Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912. Evaluasi dilakukan berdasarkan karakteristik perusahaan yang pada gilirannya didapat kejelasan posisi bersaing dan keunggulan kompetitif Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 dalam industri asuransi jiwa Indonesia. Penelitian ini bersifat kualitatif yang didasarkan pada analisis eksternal dan internal. Beberapa metode yang digunakan sebagai alat analisis adalah PEST (Politik, Ekonomi, Sosial & Teknologi), Model Lima Kekuatan Porter (Porter’s Five Forces Model), SWOT dan Pendekatan Sumber Daya (Resources-Based View). Analisis dilakukan terhadap kapabilitas dan sumber daya strategis yang dimiliki perusahaan dengan menggunakan data perolehan premi, jumlah agen dan jumlah kantor cabang/kantor pemasaran sebagai alat ukur yang dapat digunakan sebagai keunggulan kompetitif perusahaan untuk bersaing. Dari hasil penelitian, penulis berkesimpulan bahwa strategi bisnis yang saat ini dijalankan oleh Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 sudah tidak dapat lagi digunakan untuk berkompetisi. Ada beberapa area penting yang perlu mendapatkan perhatian yang serius untuk segera di revitalisasi. Untuk memenangkan persaingan dimasa depan, Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 harus menambah jenis kanal distribusi penjualannya, teknologi informasi harus dimanfaatkan secara maksimal untuk sentralisasi proses pencetakan polis & klaim, pengelolaan dana investasi yang lebih berhati-hati, sesegera mungkin mempersiapkan diri merubah bentuk badan hukumnya, dan membangun insentif, struktur & budaya organisasi yang selaras dengan kapabilitas dan sumberdaya yang dimilikinya.

This study aims to gain a deep understanding of business strategies that are currently implemented in Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912. Evaluation is based on the characteristics of firms which in turn gained clarity competitive position and competitive advantages of Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 in Indonesian life insurance industry. This study is qualitative, based on external and internal analysis. Several methods are used as an analytical tool is the PEST (Political, Economic, Social and Technology), Porter's Five Forces Model, SWOT and Resources-Based View. The analysis carried out on strategic capabilities and resources possessed by firms using premium acquisition, the number of agents and branch office/sales office as a measuring tool that can be used as a competitive advantage to compete. From the study, the authors concluded that the business strategy which is currently run by Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 can no longer be used for competition. There are several important areas that need serious attention to be on revitalization. To win the competition in the future, Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 should add the type of distribution channel, information technology should be fully utilized for the centralization of policy printing and claims process, the management of investment funds to be more careful, as soon as possible to prepare to change the form of legal entity, and establish incentives, organizational structure and culture that is consistent with its capabilities and resources.

Kata Kunci : Strategi Bisnis, Asuransi Jiwa, Bumiputera, PEST, SWOT, Pendekatan Sumber Daya.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.