Penerapan value Disciplines Dalam Mempertahankan Market Leader BRI
Tatag Nugrahani, Amin Wibowo, M.B.A., Ph.D.
2012 | Tesis | S2 Magister ManajemenPenelitian ini disusun dengan obyek penelitian pada salah satu bank plat merah yaitu BRI. Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah BRI belum melakukan identifikasi dan mendokumentasi penerapan value disciplines sebagai kerangka strategi yang ditetapkan untuk mencapai keunggulan bersaing dan menjadi pemimpin pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan value disciplines yang dilakukan oleh BRI sebagai landasan untuk menentukan strategi bersaing, berdasarkan keunggulan-keunggulan yang dimiliki. Hasil penelitian diharapkan dapat memberi kontribusi bagi manajemen BRI dalam evaluasi penerapan strategi yang telah dilakukan dan dapat memudahkan dalam penentuan strategi yang sesuai, efektif dan efisien untuk diterapkan di masa mendatang untuk meraih keunggulan daya saing, sehingga dapat menjadi pemimpin pasar dalam industri perbankan di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil analisis kondisi lingkungan eksternal yang terdiri dari lingkungan makro dan industri menunjukkan bahwa aspek politik, hukum dan keamanan; perekonomian; sosial budaya; teknologi informasi; tingkat persaingan dalam industri perbankan; kekuatan tawar-menawar pemasok dan kekuatan tawar-menawar pembeli berdampak kuat terhadap operasional BRI. Identifikasi terhadap penerapan value disciplines menunjukkan bahwa BRI telah menetapkan standar-standar tertentu ke dalam tiga value discipline dan terus melakukan evaluasi untuk perbaikan kebijakan di masa mendatang. BRI memilih customer intimacy sebagai inti nilai berbagai kebijakan yang ditempuh.
This research was conducted at a state owned Bank : BRI. The problem which was formulated in this research was that BRI has not identified and documented the implementation Value Disciplines as the strategic frame in order to reach the competitive advantages and becoming the market leader. The purpose of this research is to identify the implementation of Value Disciplines by BRI as the base to decide competing strategies, based on their competitive edge. The output of this research will hopefully provide contributions for BRI management in evaluating prior strategic applicating evaluation and also simplify in choosing suitable, effective, and efficient strategies for the future to accomplish competitive advantage which will allow BRI to be a market leader in Indonesia banking industry. Methods used in this research is Qualitative Description External environment condition analysis result which composed of macro and industrial environment showed that politic, judicial and national security, economic, social culture, information technology, level of competition in bank industry; suppliers and buyers bargain position have a strong impact on BRI’s operational excellence. Identification on Value Disciplines’ implementation showed that BRI have implemented certain standards into three Value Disciplines (Operational Excellence, Product Leadership, and Customer Intimacy) and continued to evaluate for future policy improvement. BRI chose Customer Intimacy as the core value of all its policies.
Kata Kunci : BRI, value disciplines, operational excellence, product leadership, customer intimacy.