Laporkan Masalah

Evaluasi Strategi Bersaing PT. Bank Mega, Tbk: Perspektif Retail Banking

Ryezha Poetri Riezky, Ertambang Nahartyo, M.Sc, Ph.D.

2012 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Thesis ini bertujuan untuk mengevaluasi keefektifan dari implementasi strategi “Go Retail” Bank Mega, kemudian ingin mengetahui faktor internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap lingkungan bisnis Bank Mega dan penerapan strategi “Go Retail”sebagai salah satu strategi bersaing Bank Mega menghadapi persaingan bisnis perbankan. Industri perbankan nasional pada tahun 2010 diwarnai dengan persaingan di sisi retail banking dengan banyaknya produk-produk perbankan yang disesuaikan dengan karakteristik nasabah individu. Fokus kepada retail banking pada dasarnya berpangkal pada hasil perumusan strategi bersaing Bank Mega yang fokus pada penyaluran kredit segmen UKM dan meningkatkan dana murah (deposito dan tabungan) dengan melakukan proses monitoring kredit dan memperluas jaringan secara nasional. Beberapa indikator kinerja perbankan seperti Return on Assets (ROA), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non-Performing Loan (NPL), Loan to Deposit ratio (LDR) dan Current Account Saving Account (CASA) seringkali digunakan sebagai indikator untuk melihat sukses tidaknya implementasi strategi tersebut. Hasil dari analisis kinerja perusahaan menunjukkan parameter produktivitas, profitabilitas, dan likuiditas mengalami pertumbuhan sehingga dapat dikatakan implementasi strategi bersaing Bank Mega adalah efektif. Sedangkan untuk mengetahui posisi Bank Mega terhadap lingkungan bisnis eksternal dilakukan analisa dengan Porter’s Five Forces. Sedangkan Key Success factor dibatasi sebanyak 3 buah untuk berfokus kepada hal-hal yang memperngaruhi secara langsung suksesnya implementasi strategi go retail ini.

The aims of this thesis' study is to evaluate effectiveness of implementation from Bank Mega's strategy called “Go Retail”. This study is analyze internal and external factors that affect Bank Mega's business environment and “Go Retail” strategy as one of Bank Mega's competitive strategy to face competition in national banking industry. In 2010, national banking industry marked by competition in retail banking with th numbers of banking products which customize to customer's need and characteristic. Retail banking focus on Small and Medium Enterprises' lending (SME) and increase cost of fund (saving and deposit account) with the credit monitoring and expanding the national network. Some banking performance indicators such as Return on Assets (ROA), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non-Performing Loan (NPL), Loan to Deposit Ratio (LDR), and Current Account Saving Account (CASA) are often use to see the success or failure of strategy implementation. The result of company's performance analysis shows the parameters of productivity, profitability, and liquidity has grown so that it can be said that Bank Mega's strategic implementation is effective. And to know the position of Bank Mega in external business environment analyzed with Porter's Five Forces, while Key Success Factor is limited to three part to focus on things that directly affect the successful implementation of these retail strategy.

Kata Kunci : Strategi bersaing, retail banking, ROA, CAR , NPL, LDR CASA.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.