Analisis Strategi Kebijakan CSR: Studi pada PT LOreal Indonesia
Noorhayu Dhewayani, Drs. Ahmad Jamli, M.A.
2012 | Tesis | S2 Magister ManajemenTujuan penelitian ini adalah 1) untuk menganalisa tujuan CSR yang ditetapkan oleh PT L’Oreal Indonesia, 2) menganalisa program CSR, 3) menganalisa monitoring & evaluasi terhadap penerapan program CSR , 4) menganalisa pencapaian tujuan program CSR yang sudah dilakukan, 5) Menganalisa dan membandingkan program CSR L’Oreal dengan best practice. Penelitian ini menggunakan metode/pendekatan deskriptif atau kualitatif dengan menggunakan wawancara dengan pihak-pihak terkait dalam perusahaan dan penerima beasiswa, pengamatan lapangan secara langsung di PT. L’Oreal Indonesia dan studi literatur. Hasil penelitian – Tujuan program CSR telah ditetapkan dengan jelas, namun monitoring dan evaluasi program belum dilakukan seperti yang disarankan Pedoman CSR. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan progam CSR diterapkan untuk meningkatkan reputasi dan mendukung keberlanjutan bisnisnya di Indonesia. Implikasi Praktis – PT. Loreal Indonesia sebaiknya melakukan monitoring secara berkala dan melakukan evaluasi program secara berkesinambungan sehingga dapat mengembangan program CSR dari bentuk filantropi menjadi pemberdayaan masyarakat.
The purpose of this paper are 1) to analize the objective of CSR determined by PT L’Oreal Indonesia, 2) to analyze CSR program, 3) to analyze monitoring & evaluation of CSR program, 4) to analyze the result of implemented CSR program, 5) to analyze and compare L’Oreal CSR program to best practice. This research uses descriptive method or qualitative with deph interview with related parties of the company and fellowship recipients, direct observation at PT. L’Oreal Indonesia and literature study. Results – the objective of CSR program has been clearly determined but the monitorinng and evaluation of CSR program has not been aligned with CSR guidance. Overall, the results indicated the implemetation of CSR program is to enhance company reputation and support sustainability business in Indonesia. Practical implications – PT. L’oreal should carry out the monitoring periodically and evaluate the CSR continously, thus the CSR program can be developed from corporte philantrophy to community development.
Kata Kunci : program CSR, monitoring, evaluasi, filantropi