Pengaruh Penggunaan Metode Fun Game Terhadap Peningkatan Motivasi Siswa MAN Yogyakarta 1 Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris
Muhamad Nasir, Dr. Wakhid Slamet Ciptono, MBA., MPM., Ph.D.
2012 | Tesis | S2 Magister ManajemenPembelajaran dengan menggunakan metode Fun Game atau permainan di kelas adalah salah satu cara untuk mempermudah siswa menangkap dan menggunakan ekspresi-ekspresi bahasa Inggris. Selain itu, game merupakan teknik untuk menarik perhatian siswa, selain sebagai cara untuk menghilangkan kejenuhan. Singkatnya, game digunakan sebagai teknik belajar sambil bermain. Oleh karenanya dengan adanya interaksi ini dapat membantu siswa dalam memahami materi yang diberikan dan siswa lebih aktif serta partisipatif dalam proses pembelajaran yang nantinya akan berpengaruh juga dalam hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Fun Game terhadap peningkatan motivasi siswa kelas XI IPS 3 MAN Yogyakarta 1 dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Metode penelitian difokuskan pada peningkatan motivasi belajar siswa dan perbedaan yang signifikan dari penggunaan metode Fun Game pada pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini didisain dengan prosedur pre test dan post test. Data penelitian diambil dari kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 35 siswa yakni siswa yang berada di kelas XI IPS 3 MAN Yogyakarta1. Kemudian data tersebut dianalisis mengunakan metode T-test untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi siswa sebelum dan setelah diberikan tindakan melalui metode belajar Fun Game. Secara keseluruhan terjadi peningkatan rata-rata skor dari setiap aspek setelah diberikan tindakan dengan menggunakan metode Fun Game. Perolehan kenaikan rata-rata sebesar 0.68 atau 15.38%. Itu berarti bahwa metode Fun Game berpengaruh terhadap peningkatan motivasi siswa belajar bahasa Inggris
Learning by using game method in classroom is one way to facilitate students to get and use of English expressions. In addition, the game is a technique to attract the attention of students, as well as a way to eliminate boredom. In short, the game is used as a technique to learn while playing. Therefore, by this interaction can help students to understand the material provided by the teacher and students will be more active and more participate in learning process, later will also affect the student learning outcomes This study aims to determine the effect of the use of Fun Game method to increase student’s motivation of grade XI IPS 3 MAN Yogyakarta 1 in learning English. The type of research is Classroom Action Research. The method of the research is focused on improving student learning and motivation, and the significant differences from the use of methods Fun Game on learning English. This study was designed with the procedure pre test and post test. Data taken from a questionnaire by using 35 students of grade XI IPS 3 MAN Yogyakarta1as respondents. Then the data were analyzed using T-test method to determine whether there are significant differences between the motivation of students before and after the given action through Fun Game learning method. Overall, the average score of each aspect after the action is given by using the method of Fun Games increased. The obtaining average is 0,68 or 15,38%. It means that the Fun Game method affect the increasing of the students’ motivation in learning English
Kata Kunci : Fun Game, motivasi, dan belajar