Laporkan Masalah

ANALISIS BIAYA DAN EFEKTIVITAS SISTEM JAMINAN KESEHATAN KARYAWAN RS JIH YOGYAKARTA

Dewi Ariyani Wulandari, dr. Sigit Riyarto, M.Kes

2012 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat

Latar Belakang : Penyediaan fasilitas jaminan pemeliharaan kesehatan akan menciptakan iklim kerja yang kondusif dan pada akhirnya mendorong semangat dan produktifitas kerja. RS JIH sebagai rumah sakit baru di Yogyakarta berupaya mengelola sendiri jaminan kesehatan karyawan dalam bentuk plafon tahunan menurut jabatan yang berlaku bagi karyawan dan keluarga yang ditanggung. Dari hasil evaluasi, terjadi kenaikan realisasi penggunaan sebesar 142% selama 2 tahun penyelenggaraan. Oleh karena itu, kajian utilisasi secara khusus diperlukan untuk mengetahui pola pemanfaatan jaminan kesehatan oleh karyawan dan keluarga sehingga diperoleh efektivitas dari kebijakan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mengevaluasi biaya serta efektivitas kebijakan dalam pelaksanaan program jaminan pemeliharaan kesehatan yang telah dilakukan oleh manajemen RS JIH Yogyakarta. Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan desain kasus tunggal holistik. Unit analisis adalah program jaminan pemeliharaan kesehatan karyawan RS JIH Yogyakarta dan data utilisasi jaminan pemeliharaan kesehatan karyawan tahun 2010. Subjek penelitian ini adalah stakeholder dari pihak manajemen dan karyawan. Hasil : Angka utilisasi per bulan untuk rawat jalan tingkat pertama (RJTP) diperoleh sebesar 20,76%; utilisasi rujukan 1,006% dari RJTP dan utilisasi rawat inap sebesar 1,2%. Unit cost untuk pelayanan dokter primer sebesar Rp. 91.299,06 ;pelayanan dengan rujukan sebesar Rp.194.519,74 dan rawat inap sebesar Rp.3.726.796,53. Bila dibandingkan dengan standar indikator keberhasilan pada jaminan kesehatan nasional maka angka utilisasi pada pelayanan rawat jalan diindikasikan terdapat overutilisasi. Dari hasil observasi, teknik pengendalian biaya yaitu pelayanan berjenjang belum berjalan secara konsisten diterapkan dan belum ada formularium khusus untuk mebatasi penggunaan obat di rumah sakit. Sistem cost sharing dapat mengendalikan besarnya biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan namun disisi lain sistem cost shraing belum sesuai dengan tuntutan karyawan terbukti dengan karyawan masih membayar tinggi biaya pelayanan kesehatan akibat cost sharing yang ditimbulkannya. Adanya komitmen yang tinggi dari manajemen RS JIH untuk mengelola sendiri jaminan kesehatan karyawan sebelum BPJS kesehatan menuju universal coverage ditetapkan. Kesimpulan : Jaminan kesehatan karyawan RS JIH dengan sistem plafond belum optimal menerapkan prinsip-prinsip managed care. Kebijakan sistem cost sharing yang tidak tepat dapat menjadikan beban bagi karyawan dan keluarga yang mengakses jaminan kesehatan karyawan.

Background: Provision of health care insurance facilities will create conducive work climate and eventually encourage the spirit and productivity of work. JIH hospital as a new hospital in Yogyakarta take effort to administering by their self their health insurance for their employees take a form of annual platform according to their position that prevail for the employees and their family. From an evaluation, the number of health care cost increases 142% since 2 years of operation. Therefore, special study on utilization was need to knowing the utilization pattern of health insurance by the employees and their family thus would be obtained the affectivity of that policy. Objective: To analyzed and evaluated the cost and affectivity of the policy on health care insurance program that have been being performed by the management of JIH Hospital, Yogyakarta. Method: This was descriptive study used single holistic case design. The analysis unit was a program of health care insurance for the employees of JIH hospital, Yogyakarta and data on utilization of health care insurance for the employees in 2010. The subject of the study was the stakeholders from the management party and employees. Results: The utilization rate per month for first level outpatient (RJTP) was 20.76%; 1,006% from RJTP for the utilization of specialist referral and 1,2% for utilization of inpatient. Unit costs for primary care physicians was Rp. 91299.06; Rp. 194.519,74 for a referral specialist service and Rp.3.726.796, 53 for hospitalization. If it is compared with the standard indicators of success on the national health insurance, there was indicated over utilization on outpatient care. Observation stated the technique of cost control that is staged service was not run consistently yet applied and there was not special formulation to limit the drug utilization in the hospital. Cost-sharing system can control the amount of costs to be incurred by the company but in other side cost sharing system was not appropriate to the employee’s need yet as proved by the fact that the employees still pay high for health service cost resulted by cost sharing. The high commitment by the management of JIH hospital to manage their own health insurance for their employees before health of BPJS implemented nasionally. Conclusion: The health insurance for employees of JIH hospital with annual platform budget system was not optimal yet applied the managed care principles. The policy of cost sharing that was not appropriate (proper) may become a burden for the employees and their family who accessed the health insurance.

Kata Kunci : efektivitas, pengelolaan Jaminan kesehatan karyawan, biaya dan utilisasi.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.