Analisis pengaruh Sikap, Norma Subyektif dan kontrol Keperilakuan Terhadap Nilai Konsumen Membeli Smartphone Blackberry
Husaini, Dr. Slamet Santoso Sarwono, MBA.
2012 | Tesis | S2 Magister ManajemenLembaga riset International Data Corporation (IDC) memprediksi pasar smartphone di Indonesia pada tahun 2012 akan tumbuh sebesar 5%-15% per kuartal dari total pasar handset di Indonesia. RIM (Research In Motion) dengan berbagai varian produk smartphone BlackBerry nya telah menjadi market leader di pasar smartphone Indonesia. Persaingan di pasar smartphone dari tahun ke tahun semakin ketat, hal ini tentunya menjadi tantangan bagi RIM (Research In Motion) untuk tetap menjadi market leader di pasar smartphone Indonesia. Untuk menjawab hal itu maka RIM (Research In Motion selaku produsen harus mengenal dan memahami perilaku konsumen di Indonesia. Theory of planned behaviour merupakan salah satu teori yang dapat digunakan untuk meneliti perilaku konsumen. Perhatian utama dalam theory of planned behaviour adalah pada niat seseorang untuk melakukan suatu perilaku karena niat merupakan variabel antara yang menyebabkan terjadinya perilaku dari suatu sikap maupun variabel lainnya (Dharmmesta, 1998). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sikap, norma subyektif dan kontrol keperilakuan terhadap niat konsumen untuk membeli smartphone BlackBerry. Dalam penelitian ini, jumlah responden sebanyak 190 responden. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa, sikap, norma subyektif dan kontrol keperilakuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat konsumen. Akan tetapi dikarenakan variabel kontrol keperilakuan pada uji realibilitas tidak reliabel, maka dapat disimpulkan bahwa hasil akhir penelitian ini menunjukkan variabel sikap yang memiliki pengaruh paling besar terhadap niat konsumen untuk membeli smartphone BlackBerry.
From the data released by research firm International Data Corporation (IDC), the research institute predicts the smartphone market in Indonesia in 2012 will grow by 5% -15% of the total handset market in Indonesia per quarter (www.indonesiafinancetoday.com, 2011). For the smartphone market in Indonesia, BlackBerry, which is produced by the Canadian company RIM (Research In Motion), has become the market leader. However, competition in the smartphone market Indonesia is getting more and more fierce by the year. It is a challenge for RIM (Research In Motion) as the manufacturer of BlackBerry smartphones to remain a market leader and increase their market share at this time. To overcome these challenges, manufacturers must understand the consumer behavior in Indonesia. Theory of planned behavior is one theory that can be used to examine consumer behavior. The main concern is the theory of planned behavior in a person's intention to perform a behavior because the intention is variable between the cause of an attitude or behavior of other variables (Dharmmesta, 1998). The purpose of this study is to determine the effect of attitudes, subjective norms and behavioral control on consumer intentions to buy a BlackBerry smartphone. In this study, the number of respondents was 190. The final results of this study indicate that, attitude, subjective norm and behavioral control have positive and significant impact on consumer intentions. However, due to behavioral control variable on the reliability test is not reliable, it can be concluded that the final results of this study indicate that attitude variable have the most impact on consumer intentions to buy BlackBerry smartphone.
Kata Kunci : BlackBerry, theory of planned behaviour, sikap, norma subyektif, kontrol keperilakuan