Pemanfaatan Blog untuk Meningkatkan Motivasi Siswa dalam Menulis (Writing) Teks Bahasa inggris di Kelas VIII-8 RSBI SMP Negeri 8 Yogyakarta
Hamzah Yuddin, Prof. Dr. Anik Ghufron, M.Pd.
2012 | Tesis | S2 Magister ManajemenPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui jika media pembelajaran blog dapat meningkatkan motivasi siswa dalam menulis (writing) teks bahasa Inggris dan menghitung peningkatan skor motivasi siswa dalam menulis (writing) teks bahasa Inggris di kelas VIII-8 RSBI SMP Negeri 8 Yogyakarta dengan memanfaatkan media pembelajaran blog. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil wawancara penulis dengan guru bahasa Inggris terkait di sekolah tersebut yang menunjukkan bahwa motivasi siswa rendah dalam mengikuti proses pembelajaran menulis (writing) teks bahasa Inggris. Untuk memperoleh data penelitian, penulis menggunakan pedoman observasi aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran serta angket motivasi siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus penelitian dengan 12 kali pertemuan (24 x 40 menit). Setiap pertemuan di kelas dilaksanakan dengan alokasi waktu 2 x 40 menit. Penulis melaksanakan siklus 1 untuk melakukan perbaikan skor motivasi siswa pada pengukuran awal dan siklus 2 untuk melakukan perbaikan skor motivasi siswa pada siklus 1. Hasil pengukuran awal menunjukkan bahwa hanya terdapat 2 siswa (7.1%) yang telah memperoleh skor motivasi kategori â€baikâ€, 15 siswa (53.6%) pada kategori â€sedangâ€, dan 11 siswa (39.3%) pada kategori â€tidak baikâ€. Hasil siklus 1 menunjukkan bahwa telah terdapat 8 siswa (28.6%) yang memperoleh skor motivasi kategori â€baikâ€, 15 siswa (53.6%) pada kategori â€sedangâ€, dan 5 siswa (17.8%) pada kategori â€tidak baikâ€. Selanjutnya, hasil siklus 2 menunjukkan bahwa telah terdapat 20 siswa (71.4%) yang memperoleh skor motivasi kategori â€sangat baikâ€, 8 siswa (28.6%) pada kategori â€baikâ€, dan tidak lagi terdapat siswa yang memperoleh skor motivasi kategori â€sedang†dan â€tidak baikâ€. Pada Tabel 4.10 tentang perbandingan skor siklus 1 dan siklus 2 juga jelas terlihat bahwa telah terjadi peningkatan skor motivasi siswa secara signifikan setelah siklus 2 dilaksanakan. Rata-rata siswa mengalami persentase peningkatan skor motivasi diatas 38%. Selain itu, persentase peningkatan skor motivasi siswa secara umum juga cukup baik yaitu 65.4%. Penelitian ini juga menghasilkan sebuah model pembelajaran interaktif dengan memanfaatkan blog sebagai media untuk menulis teks bahasa Inggris berbentuk narrative dan recount yaitu guru memberi komentar terhadap tulisan siswa melalui akun blog siswa sehingga siswa juga dapat meresponnya. Siswa juga mempresentasikan tulisan yang mereka telah buat di kelas secara online dengan memanfaatkan fasilitas penunjang pembelajaran blog seperti komputer, LCD projector, dan jaringan Wi-Fi.
This classroom action research was conducted to arrive at by means of both knowing whether the use of weblog can absolutely increase the students’ motivation in writing the English texts and measuring to what extent the improvement of students’ score of motivation by applying the weblog in the learning process of English at the VIII-8th international grade of SMP Negeri 8 Yogyakarta. This research was further conducted with regard of such problems existing in the research field. The problems were commonly caused by low students’ motivation towards the learning process. For the sake of convenience, the writer then provided two data collection tools were observation sheet and motivation questionnaire. This classroom action research was then conducted for two cycles of research and twelve meetings (24 x 40 minutes). Each meeting was conducted based on the determined time allocation (2 x 40 minutes). First cycle of research was conducted to improve students’ score of motivation on pre-test. Second cycle of research was also conducted to improve students’ score of motivation on first cycle of research. The result of pre-test showed that there were only 2 students (7.1%) who got good category of students’ motivation, 15 students (53.6%) on average category, and 11 students (39.3%) on poor category. The result of first cycle of research showed that there had been 8 students (28.6%) who got good category of students’ motivation, 15 students (53.6%) on average category, and 5 students (17.8%) on poor category. On the other hand, the result of second cycle of research had shown the better results. It showed that there had been 20 students (71.4%) who got best category of students’ motivation, 8 students (28.6%) on good category, and there were no more students got the score of motivation on both average and poor categories. In addition, on Table 4.10 about the comparison between students’ score of motivation on both first and second cycles of research showed that the score of each student increased over 38% after the second cycle conducted. Furthermore, the percentage of students’ score as a whole also improved well. It increased about 65.4%. This classroom action research also yielded an interactive instructional model by performing weblog as a medium to write both narrative and recount texts. It simply enabled teacher to comment students’ writing in their weblog and students could respond as well. Students should also present their writing in the classroom by utilizing such supporting learning facilities such as computer, LCD projector, and wireless fidelity (Wi-Fi).
Kata Kunci : penelitian tindakan kelas, blog, menulis, motivasi, angket motivasi, pedoman observasi