Laporkan Masalah

Strategi Bisnis & Idquo; PT Bank ABC & rdquo; dalam Meningkatkan Posisi sebagai Salah Satu Bank Terbesar di Indonesia

Anita Adiwantari, Dr. Agus Setiawan, M.Soc.Sc.

2012 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Perkembangan perbankan di Indonesia saat ini berjalan sehat namun masih kondisi tersebut masih labil dan ancaman lambatnya pertumbuhan ekonomi di tahun mendatang, membuat Bank Indonesia membuat kebijakan tentang kepemilikan tunggal (Single Pressence Policy/SPP). Hal ini untuk mencegah krisis yang terjadi tidak akan menjadikan perekonomian Indonesia terpuruk sebagaimana yang terjadi di tahun 1998. Dalam mencapai target bank terbesar di Indonesia banyak sekali strategi yang dilakukan bank-bank di indonesia salah satu contohnya adalah melalui merger maupun akuisisi dengan bank lain agar dapat menciptakan sinergi dan nilai tambah bagi para customer maupun nasabahnya. Pokok permasalahan yang dihadapi saat ini adalah apa pengaruh penerapan management terhadap nilai-nilai utama perusahaan dengan melihat kepada produk-produk yang di sediakan oleh Bank ABC kepada nasabah dan/atau debitur dan pengaruhnya terhadap strategi perusahaan. Untuk mengetahui jawabannya terlebih dahulu akan dianalisis lingkungan eksternal yang terdiri dari analisis five forces, key succses factor, SWOT dan strategi umum. Selanjutnya lingkungan internal perusahaan menggunakan analisis aspek keuangan, aspek sumber daya manusia dan aspek pemasaran. Dari analisis eksternal menunjukkan bahwa bank-bank sangat tergantung kepada penyusunan strategi oleh karena faktor-faktor yang menjadi pendorong memiliki pengaruh besar dalam industri sehingga mampu mengubah struktur industri secara keseluruhan karena membantu kesesuaian strategi perusahaan dengan kondisi yang ada. Dari analisis internal perusahaan harus terus mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki demi tercapainya tujuan perusahaan.

Nowadays banking industry in Indonesia is currently running well, but the condition is still unstable and the threat of slow economic growth in coming years, making the Bank Of Indonesia make a policy on sole proprietorship (Single Presence Policy/SPP). This policy is to prevent if in the future the crisis will not make Indonesia economy collapsed, as did happened in 1998. In reaching the target for being the biggest bank in Indonesia, a lot of banks in Indonesia do many kind of strategy such as through a merger or acquisition with another bank in order to crate synergy and add more value to their customers. The main issues we are facing today are what kind of the effect for company management core value and their corporate strategy from products that PT Bank ABC provide to their customers and debtors. To obtain the answer analyzing internal conditions is needed, using value chain analysis and financial rasio analysis compared to competitor’s resulting in company’s strength and weakness. Then, external conditions analysis consists of five forces analysis and general environment analysis to obtain opportunities and threats that come from external environment. The results from these two analysis is used as input of SWOT analysis and internal-external matrix analysis so position of company may revealed and based on those analysis company may decide, which strategy fit best as said as Michael Porter general strategy. From SWOT grand strategy matrix analysis, PT Bank ABC shows that the company are very dependent on the preparation of the strategy, because the company that will driver has a major influence in the industry so as to change the structure of the industry as a whole because it helps the company’s compliance strategy with existing conditions. From the analysis must continue to optimize the company’s internal capabilities to achieve corporate objectives. From porter’s generic strategy analysis, PT Bank ABC strategy: ’Offering value through comparable quality at a better position’ is synched with market’s demand and supported by company’s internal abilities.

Kata Kunci : strategi, competetitive advantage, PT Bank ABC, analisis five forces, driving forces, key succses factor, SWOT, analisis eksternal dan internal


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.