Laporkan Masalah

Strategi pemasaran perawatan ortodonsi di Rumah Sakit Umum Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu Propinsi Sumatera Selatan

AZRAR, Chazanatul, Drs. John Suprihanto, MIM

2000 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran pelayanan Ortodonsi di RSUD Baturaja, apakah strategi yang dilaksanakan sudah tepat atau belum. Dan apabila tidak tepat apakah stategi pemasarannya perlu diubah sehingga sesuai dengan perkembangan saat ini dan akan datang. Cara penelitian dengan mengumpulkan data yang diperoleh dari beberapa sumber, berupa data primer dilakukan melalui wawancara maupun informasi dari pimpinan rumah sakit atau orang kunci di RSUD Baturaja. Data sekunder diperoleh dari data pasien yang berobat di Poliklinik Gigi RSUD Baturaja. Pendekatan teoritis yang digunakan dalam strategi pemasaran berdasarkan teori Kotler, diajukan pertanyaan kepada pimpinan rumah sakit dan key person yang diberi skor untuk mengetahui aspek misi pelayanan Ortodonsi serta tujuan dan sasaran pemasaran sehingga langkah pertama dengan diketahui strategi pemasaran sudah tidak tepat lagi. Kemudian analisis dikembangkan dengan melihat fenomena-fenomena pemasaran di rumah sakit dan dilakukan gap analisis melalui variabel-variabel yang merupakan kekuatan dan kelemahan ataupun peluang dan ancaman. Selanjutnya dari variabel-variabel tersebut dilakukan analisa SWOT yang menggali faktor internal yang merupakan kekuatan dan kelemahan dan faktor eksternal yang merupakan sisi peluang dan ancaman. Hasil analisis SWOT yaitu pengurangan jumlah kekuatan dan kelemahan serta pengurangan jumlah ancaman dan peluang terlihat bahwa posisi strategi pemasaran Ortodonsi RSUD Baturaja berada pada kwadran ke empat yaitu kelemahan dan ancaman bagi rumah sakit lebih besar daripada faktor kekuatan dan peluang, sehingga posisi ini sangat memprihationkan dan serius. Dan hasil tersebut disimpulkan bahwa perlu perubahan strategi dengan membuat suatu strategi pemasaran yang lebih sesuai untuk saat ini dan masa mendatang. Strategi pemasaran yang dianggap lebih sesuai saat ini adalah strategi bertahan, dan dapat juga beberapa strategi formulasi seperti strategi retrichum, strategi konsentrik, strategi diversifikasi dan lain-lain. Penerapan strategi bertahan pada RSUD Baturaja masih terdapat kekurangan sehingga perlu pembenahan beberapa bagian yaitu teknologi, riset pemasaran, sumber daya manusia sehingga dapat memanfaatkan peluang secara optimal.

This study was to learn the marketing strategy applied by the hospital in order to reach the proposed marketing goal. The strength, weaknesses, threat and opportunities of the hospital could be used to reach the proposed marketing goal as well as formulating a good marketing strategy for a hospital in the hyper competitive market. The data were gathered from several sources. Primary sources were gathered trough interviews and information provided by the hospital director as well as key person at Baturaja General Hospital. Secondary data were from out patient in medical records of dentistry. A theorical approach used in the marketing strategy was by way of looking at the phenomenon of hospital marketing. It was then followed by an internal analysis, i.e. identifying strength and weakness and the external analysis i.e. identifying opportunities and threat and analysis of hospital and its capability. In order to know the marketing phenomenon, aoalysis of gap of the internal factor and external factors in the hospital was carried out. The phenomenon was used as a base to decide a competitive environment in the hospital product market and was related to the internal and external analysis of the hospital and compared with the competitors. The SWOT analysis showed that the strategy applied at Baturaja General Hospital was the defensive strategy. The result of the analysis showed that the application as defensive strategy at Baturaja General Hospital still needed improvement at the several points, they were technology, marketing research and human resources, so that It could use the optimal opportunity.

Kata Kunci : Manajemen Rumah Sakit,Pemasaran,Perawatan Ortodonsi


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.