Laporkan Masalah

DINAMIKA PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENABUNG PADA PEDAGANG KECIL DI PASAR GEDE SURAKARTA

Rissa Rendra Pradhaniasti, IJK Sito Meiyanto, Ph.D

2012 | Tesis | S2 Psikologi

Tingkat kesadaran masyarakat Indonesia untuk menabung masih rendah dibanding warga Negara lain yang pendapatan per kapitanya sama Pernyataan tersebut diperkuat dengan data Bank Indonesia yang menunjukkan bahwa dari 138 juta orang usia dewasa yang belum memiliki tabungan adalah 80 juta orang. Artinya banyak masyarakat di Indonesia yang masih belum mengakses dan memanfatkan jasa layanan perbankan, terutama masyarakat menengah kebawah. Hal tersebut tentunya menjadi permasalahan tersendiri bagi pihak bank dan pemerintah, karena dana tersebut menjadi tidak produktif untuk dikembangkan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ada fenomena menarik yang terjadi di kalangan pedagang kecil di pasar Gede. Para pedagang kecil yang sering dianggap tidak memiliki kemampuan untuk menabung, justru bisa menyisihkan uangnya untuk ditabung. Sebagian besar pedagang menabungkan uang mereka di arisan ataupun koperasi, bahkan ada pedagang yang menabungkan uangnya di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku menabung individu dengan pendapatan menengah kebawah khususnya pedagang kecil dengan sebelumnya melihat motif yang mendasari pedagang kecil untuk menabung, proses pengambilan keputusan menabung dan bagaimana pedagang menabung. Pendekatan kualitatif yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode fenomenologi. Dalam penelitian ini digunakan enam orang subjek penelitian dan tiga orang informan tahu. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan menggunakan purposive sampling, yaitu metode yang digunakan untuk memperoleh subjek sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa individu dengan penghasilan menengah ke bawah terutama pedagang kecil memiliki kemauan dalam menabung meskipun penghasilan yang diperoleh cenderung rendah. Para pedagang menabung untuk tujuan tertentu seperti untuk pendidikan anak, untuk kebutuhan di masa depan, untuk berjaga-jaga, dan untuk warisan, mereka menabungkan uangnya di tiga tempat yaitu bank, koperasi dan arisan. Keputusan para pedagang untuk menabung banyak dipengaruhi oleh faktorfaktor sosial dan faktor internal dari dalam diri individu. Dalam pemilihan tempat untuk menabung, hampir semua subjek dalam proses pengambilan keputusannya sangat dipengaruhi oleh lingkungan disekitar subjek, terutama dalam hal pencarian informasi.

Level of public awareness to save Indonesia is still low compared to other citizens of the same income per capita. The statement is strengthened with the data of Bank Indonesia that showed that from 138 million people of adult age who haven’t had savings yet was 80 million people. Its means that many people in Indonesia are still not accessing services and take advantage of banking services, especially the low-middle income society. It certainly becomes a separate problem for the bank and the government, because the funds into unproductive to be developed in order to improve the welfare of the community. There is an interesting phenomenon happened among small traders in the market of Gede. The small traders who are often considered unable for saving precisely can save their money for savings. The purpose of this study is to determine the saving behavior in low-middle income individuals especially retailer, but the researcher saw the motive for saving, the decision making process, and how the retailer save before. Qualitative approach that will be used in this research is a method of phenomenology. This research uses six research subjects and two knowing informants. The determining of research subjects was done by using purposive sampling, which is a method that used to get subjects who appropriate with determined criterias. The researcher will use in depth interview and observation to collect the data. The result showed that individual with low-middle income, especially small traders have the willingness to save even the income is low. They save for a specific purpose such as for education of their children, future need, precautionary, and bequest motive. They save their money into three places, bank, cooperative and ‘arisan’. Saving decision of the small traders are influenced by social and internal factors. In choosing a saving place, most of the subject are influenced by the environment, especially when they search some information.

Kata Kunci : pengambilan keputusan, menabung, pedagang


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.