Laporkan Masalah

DINAMIKA STRATEGI KOPING TERHADAP TUNTUTAN BELAJAR PADA MAHASISWA BERPERAN GANDA DENGAN INDEKS PRESTASI (IP) TINGGI

Dwi Nur Rachmah, Dr. Tina Afiatin

2012 | Tesis | S2 Psikologi

Menghadapi berbagai kendala dan permasalahan dalam menjalankan tuntutan belajar membuat mahasiswa berperan ganda dengan indeks prestasi tinggi melakukan suatu tindakan atau reaksi untuk mengatasinya yang dinamakan dengan koping. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dinamika strategi koping terhadap tuntutan belajar mahasiswa berperan ganda dengan indeks prestasi (IP) tinggi mengacu pada teori koping dari Lazarus dan Folkman. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam sebagai sumber utama dan observasi kepada empat orang informan penelitian dengan melibatkan significant others dari informan penelitian. Penelitian ini menemukan tiga bentuk koping yaitu koping berfokus masalah, koping berfokus emosi dan koping religius. Ketiga bentuk koping ini digunakan secara bergantian mengikuti situasi, sifat individu, nilai-nilai agama dan budaya serta penilaian informan terhadap faktor (sumber koping) yang mereka miliki.

Facing various constraints and problems in carrying out academic demands put students at university with multiple roles and high academic achievement to conduct actions or reactions of coping. This research is aiming at disclosing the dynamics of coping strategies on academic demands of students at university with multiple roles with high academic achievement by referring to coping theory of Lazarus and Folkman. This research used qualitative approach with phenomenology method. Data collection was conducted through in-depth interviews as the main source and observation to four research informants by involving their significant others. This research found three types of coping: problem-focused coping, emotion-focused coping, and religion-focused coping. These types of coping were used interchangeable in accordance to situations, individuals’ behaviors, religious and cultural values, as well as informant’s judgment towards factors (coping resources) they have.

Kata Kunci : Dinamika strategi koping, tuntutan belajar, mahasiswa berperan ganda, indeks prestasi tinggi


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.