WACANA IKLAN BERBAHASA MINANGKABAU PADA RADIO DI KOTA BUKITTINGGI
DINI OKTARINA, Prof. Dr. I Dewa Putu Wijana, S.U., M.A.
2012 | Tesis | S2 LinguistikPenelitian ini mengambil judul ‘Wacana Iklan Berbahasa Minangkabau pada Radio di Kota Bukittinggi’. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur, teknik persuasi, jenis tindak tutur, dan aspek kebahasaan wacana iklan berbahasa Minangkabau pada radio di Kota Bukittinggi. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan dalam penyediaan data yaitu metode simak yang didahului dengan perekaman data kemudian dilanjutkan dengan teknik catat data berupa iklan berbahasa Minangkabau pada radio di Kota Bukittinggi. Dalam menganalisis data, digunakan metode padan pragmatis dengan teknik pilah unsur penentu dan metode agih dengan teknik dasar teknik ganti. Struktur wacana iklan berbahasa Minangkabau pada radio di kota Bukittinggi dapat dibagi menjadi komponen pembentuk wacana iklan dan pola struktur wacana iklan radio. Wacana iklan dibentuk oleh komponen dialog, monolog, lagu, syair, dan pantun. Dari kelima komponen tersebut dialog dan monolog merupakan komponen utama dalam pembentukan iklan. Di dalam komponen utama itu terdapat pola struktur wacana iklan yang secara garis besar dapat dibagi menjadi butir utama atau pembuka, badan iklan, dan bagian penutup wacana iklan radio. Teknik persuasi yang terdapat dalam wacana iklan berbahasa Minangkabau pada radio di kota Bukittinggi terdapat enam macam yaitu teknik rasionalisasi, identifikasi, sugesti, konformitas, kompensasi, dan penggantian. Jenis tindak tutur dalam wacana iklan berbahasa Minangkabau pada radio di kota Bukittinggi diklasifikasikan menjadi tindak tutur representatif, tindak tutur direktif, tindak tutur komisif, dan terakhir tindak tutur ekspresif. Aspek kebahasaan yang ditemui dalam wacana iklan berbahasa Minangkabau pada radio di Kota Bukittinggi terdiri dari repetisi, singkatan, akronim, campur kode, dan alih kode, metafora, dan metonimia.
The title of this research is Minangkabau Advertisement Discourse on Radio in Bukittinggi. This research is intended to describe structures, persuasion techniques, kinds of speech acts, and language aspects of Minangkabau Advertisement in radio in Bukittinggi. The Method applied in providing the data is listening method. The data had been recorded earlier and then copying the data which was Minangnese advertisement on radio in Bukittinggi. In analyzing the data, it is used two methods i.e. pragmatic identity method with dividing key factors technique and distributional method with substitution techniques. The structure of Minangkabau advertisements in radio in Bukittinggi is divided into two; they are the components and the structural pattern to form the advertisements. The advertisements are formed by dialogues, monologoues, songs, poems, and pantun. From the above five, dialogues and monologoues are the main components found in making the advertisments. The main components consist of several patterns which are known as opening, body, and closing. There are six kinds of persuasive technique used in Minangkabau Advertisement Discourse on Radio in Bukittinggi that are are rationalizing, identification, suggestion, conformity, compensation, and substitution. Speech acts in advertisements in Minangkabau Advertisement Discourse on Radio in Bukittinggi is classified in representative speech acts, directive speech acts, comissive speech acts, and expressive speech acts. It is also found that the language aspects in Minangkabau Advertisement Discourse on Radio in Bukittinggi are repetitions, abbreviations, acronym, code-mixing, code switching, metaphor, and metonymy.
Kata Kunci : Wacana Iklan, struktur wacana, teknik persuasi, jenis tindak tutur, dan aspek kebahasaan