EVALUASI IMPLEMENTASI BALANCED SCORECARD PADA PENILAIAN KINERJA BANK MANDIRI CABANG SURABAYA MENANGGAL
Pikukuh Trikadarmanto Suhadi, Prof. Dr. Indra Wijaya Kusuma, MBA.
2012 | Tesis | S2 Magister ManajemenSebagai BUMN berorientasi bisnis, Bank Mandiri menerapkan sistem penetapan target dan pengukuran penilaian unit kerja (strategic business unit) dan manajernya berbasis kinerja. Unit-unit kerja yang berada di garda depan dalam memberikan layanan terbaik kepada para nasabah atau debitur telah ditetapkan sebagai profit center bagi Bank Mandiri. Dengan demikian setiap unit kerja tersebut diharapkan memberikan keuntungan bagi perusahaan. Metode pengukuran kinerja yang selama ini telah diimplementasikan Bank Mandiri adalah Balanced Scorecard (BSC). BSC terdiri dari 4 (empat) perspektif yaitu Perspektif Keuangan, Pelanggan, Proses Bisnis Internal, Pembelajaran dan Pertumbuhan. Selama penerapan BSC, pihak manajemen Bank Mandiri dalam hal ini Strategic and Performance Management (SPM) Group belum memasukkan berbagai parameter strategis yang berperan sebagai kunci strategis sebagai faktor pendorong dalam meraih keunggulan kompetitifnya. Selain itu penentuan dasar nilai kinerja secara periodik juga tidak tepat dalam perhitungan kinerja cabang dan manajernya. Selama ini penilaian kinerja diambil dari posisi Bulan November untuk tahun tersebut, disebabkan penilaian harus segera diselesaikan pada Bulan Januari. Hal ini dirasakan kurang adil karena kinerja cabang Bulan Desember tidak diperhitungkan pada penilaian BSC oleh SPM Group. Berdasarkan kedua permasalahan tersebut, telah dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan implementasi BSC. Dengan memperhitungkan parameter-parameter pendorong strategis dan berdasarkan posisi kinerja 31 Desember 2011, usulan BSC telah disusun pada masing-masing perspektif. Penyusunan BSC tersebut juga telah sesuai dengan visi dan misi Bank Mandiri. Pada akhir penelitian ini dapat disimpulkan bahwa yang digunakan Bank Mandiri selama ini bukanlah Balanced Scorecard, namun hanya Scorecard biasa saja karena diberi bobot setiap parameter dan perspektifnya.
As a business-oriented organization, state-owned Bank Mandiri applying target-setting system and measurement valuation of strategic business unit and its manager based on performance. Strategic business units that are providing service excellent to its customers has been established as a profit center for Bank Mandiri. Thus each business unit is expected to provide benefits for the company. Performance measurement methods that have been implemented by Bank Mandiri is the Balanced Scorecard (BSC). BSC consists of four (4) the perspectives: Financial, Customer, Internal Business Processes, Learning and Growth. During the implementation of the BSC, the management of Bank Mandiri, specifically Strategic and Performance Management (SPM) Group has not entered a variety of parameters that serve as key strategic as the driving factor in its competitive advantages. In addition the determination of the basic values of periodic performance also imprecise in the calculation of the performance of the business unit and its manager. During this performance assessment is taken from the position in November of that year, the assessment must be completed immediately due in January. This perceived lack of fair use for the performance of the branch in December, not taken into account in the assessment of the BSC by SPM Group. Based on both these problems, this research has carried out an evaluation of the BSC implementation. Taking into account the driving parameters based on the position of strategic and performance on December 31st, 2011, a proposal has been drawn up on the each perspective of BSC. The concept and implementation of BSC also has to be fit into Bank Mandiri’s vision and missions. At the end of this research can be inferred that now Bank Mandiri is not implementing BSC yet, but only regular scorecard, because the existing scorecard weights every parameter and perspective.
Kata Kunci : Balanced Scorecard, Penilaian Kinerja