DAMPAK AKUISISI PT PERUSAHAAN PERKEBUNAN LONDON SUMATRA. TBK OLEH PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR. TBK
Pemi Hari Utami, Dr. Erni Ekawati, MBA.
2012 | Tesis | S2 Magister ManajemenAkuisisi adalah suatu penggabungan usaha dimana salah satu perusahaan yaitu pengakuisisi (acquirer) memperoleh kendali atas aktiva neto dan operasi perusahaan yang diakuisisi (acquiree), dengan memberikan aktiva tertentu mengakui suatu kewajiban, atau mengeluarkan saham. Dengan kata lain, akuisisi merupakan kegiatan pembelian suatu perusahaan oleh perusahaan lain atau oleh kelompok investor. Di balik akuisisi, tentunya ada motif yang ingin dicapai oleh kedua perusahaan yang bergabung antara lain meningkatkan nilai perusahaan, keunggulan kompetitif dalam industri, meningkatkan efisiensi biaya operasional, struktur modal yang kuat, manajemen dan teknologi (sinergi). PT. Indofood Sukses Maksur Tbk atau INDOFOOD, perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan makanan yang hampir seluruh produknya menguasai pasar di Indonesia tak luput ikut melakukan akuisisi untuk mengatasi persaingan yang semakin ketat di industri makanan Indonesia dengan memperoleh sinergi yang kuat dari PT. PP London Sumatera Tbk, perusahaan perkebunan yang tercatat di Bursa Efek Jakarta dan Surabaya sejak tahun 1996. Pada tanggal 28 Mei 2007, PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. telah membeli 500,095 juta lembar saham LONSUM (36%) atau senilai Rp8,4 triliun, yaitu seharga Rp6.900 per saham. Setelah terjadi akuisisi yaitu tahun 2007 terjadi perubahan yang signifikan pada rasio keuangan seperti NPM, ROA dan ROE, yang menimbulkan pertanyaan mengapa terjadi perubahan yang cukup besar mulai tahun 2009. Pada penelitian ini, akan melihat dampak akuisisi PT. PP London Sumatera Tbk. (LONSUM) oleh PT. Indofood Sukses Makmur Tbk dengan melihat kinerja perusahaan sebelum akuisisi tahun 2001-2006, setelah akuisisi (fakta) tahun 2007-2010 dan proyeksi kinerja setelah akuisisi tahun 2011-2012.
Acquisition (acquisition) is a merger where one company, the acquirer (acquirer) gain control of the net assets and operations of the acquired company (acquiree), by giving certain assets, recognizes an obligation, or issuing shares. In other word, acquisition is purchasing activity of investor company to the acquiree company. There must be some motives from acquisition, for instance increasing the company’s value, gaining competitive advantages in the retail industry, increasing efficiency in operational costs, strong financing, management and technology (synergy). PT. Alfa Retailindo Tbk. formerly Alfa Gudang Rabat or Alfa Supermarket, a modern retail store which has become a public company in Bursa Efek Indonesia since 2000, was also been acquired by gaining strong synergy from PT. Carrefour Indonesia, the second largest modern retail store from France to counter high competition in Indonesia retail industry. On 21 January 2008, PT. Alfa Retailindo Tbk. has sold 351 million shares of ALFA (75%) to PT. Carrefour Indonesia or equal to Rp674 billion or 49,3 million euro, or Rp1.921 per share. Until 15.01 Bursa Efek Indonesia JATS time on the day of acquisition, ALFA shares was on level Rp2.050 per share. There is Rp129 different point between selling price Rp1.921 and market price Rp2.050. This leads to the question whether ALFA shares have been sold in fair price. This tesis will examine the effect of PT. Alfa Retailindo Tbk. (ALFA) acquisition by PT. Carrefour Indonesia by calculating the company’s financial performance before acquisition from 2002 to 2007 and projected financial performance after acquisition from 2008 to 2015. The thesis will also calculate the company’s valuation or the fair value of ALFA by using discounted cash flow method.
Kata Kunci : akuisisi, motif sinergi, kinerja keuangan, harga pasar saham, harga jual saham, rasio keuangan, valuasi saham