ANALISIS STRATEGI BERSAING PT. KAO INDONESIA PADA INDUSTRI FAST MOVING CONSUMER GOODS DI INDONESIA
Gading Giarono, Dr. Amin Wibowo, M.B.A., Ph.D.
2012 | Tesis | S2 Magister ManajemenSaat ini kondisi persaingan industri FMCG di Indonesia semakin ketat dan kompetitif. Jumlah kebutuhan masyarakat Indonesia yang terus meningkat menyebabkan produsen berlomba – lomba meraih pangsa pasar. Produsen berusaha menciptakan produk yang inovatif yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Kebutuhan yang beraneka ragam ini memberikan peluang bagi perusahaan FMCG di Indonesia untuk meningkatkan pendapatannya. Hal yang menjadi pertanyaan adalah apakah PT. KAO Indonesia mampu bersaing dalam industri FMCG di Indonesia dengan strategi yang telah ada saat ini? Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi strategi PT. KAO Indonesia, menganalisis kondisi internal perusahaan serta menganalisis lingkungan eksternal industri FMCG, sehingga dapat ditarik kesimpulan apakah strategi perusahaan masih efektif untuk diterapkan dalam persaingan industri FMCG saat ini dan memberikan alternatif strategi untuk meningkatkan kemampuan bersaing dalam dunia FMCG di Indonesia. Untuk mengetahui keberhasilan strategi perusahaan saat ini, beberapa indikator keberhasilan digunakan, seperti peningkatan jumlah penjualan, pertumbuhan industri, hingga seberapa baik image perusahaan di mata pelanggannya. Kekuatan dan kelemahan internal perusahaan digunakan agar perusahaan dapat memghasilkan strategi yang terbaik sebagai langkah untuk memanfaatkan sumber daya perusahaan yang dapat diketahui melalui analisis fungsional (Building Blocks of Competitive Advantages). Analisis lingkungan eksternal seperti faktor ekonomi dominan, Porter five forces, analisis PESTEL, analisis Karakteristik Industri digunakan untuk memaksimalkan peluang perusahaan dan mengantisipasi tantangan dari lingkungan industri serta meningkatkan peluang untuk memenangkan persaingan dalam industri FMCG di Indonesia.
Current condition in Indonesia FMCG industry competition becomes more intense and competitive. The number of Indonesian society needs to continue to increase causing producer race to gain market share. Manufacturers strive to create innovative product to suit customers needs. Diverse needs of these provide opportunities for FMCG companies in Indonesia to increase its revenue. The question is whether PT. Kao Indonesia is able to compete in the FMCG industry in Indonesia with a strategy that has been around now? The main purpose of this research is to evaluate the current strategy of PT. KAO Indonesia, to analize the internal environment of the company and external environment of Indonesia’s FMCG industry, so we can get conclusion whether the company’s strategy is still adequate to implemented in FMCG industry and give us alternative strategy to improve the company’s competitive ability in Indonesia FMCG industry. To evaluate how well is the company’s present strategy working, indicator such as sales increment, industry growth, until how good is the company’s brand image is used. The internal strength and weakness analysis is used to capturing best opportunity and defends against the threat, so the company can crafting good strategy that capitalizes on company’s resources using functional analysis (Building Blocks of Competitive Advantages). The External analysis such as economic dominant feature, Porter five forces, PESTEL analysis, analysis of industry characteristics, is used to maximize company’s opportunity, minimize company’s threat and increase the opportunity to win the competition in industry.
Kata Kunci : analisis lingkungan internal perusahaan, analisis lingkungan eksternal, evaluasi strategi, competitive advantages