Laporkan Masalah

MARKETING PLAN KLINIK AKUPUNKTUR \"YUN\" PEJOMPONGAN

Deska Kesumaninggalih, Dr. Ike Janita Dewi, M.B.A.

2012 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Prospek akupunktur sangat bagus karena jumlah klinik akupunktur di Indonesia masih minim, mengingat sulitnya mendapatkan izin praktek dan sertifikat kompetensi berskala nasional yang harus dimiliki oleh terapis. Tetapi dewasa ini, semenjak akupunktur mulai diakui sebagai ilmu pengobatan yang efektif, maka para dokter di rumah sakit besar pun mengejar ilmu akupunktur tersebut dan digunakan untuk solusi pengobatan untuk pasien di rumah sakit. Oleh karena itu, klinik-klinik akupunktur tersebut berlomba-lomba memasarkan kliniknya agar pasar yang potensial terjaring. Dalam menghadapi persaingan yang demikian marak, diperlukan sebuah marketing plan yang efektif agar tujuan dari pemasaran tersebut dapat tercapai. Klinik akupunktur “YUN” belum memiliki marketing plan yang efektif sehingga strategi dan program pemasarannya tidak terarah dengan jelas. Masalah yang timbul adalah tidak tercapainya target keuntungan yang diharapkan dikarenakan terjadinya penurunan jumlah pasien. Tujuan penelitian adalah untuk menyusun marketing plan yang efektif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara serta data-data sekunder yang dikumpulkan melalui literatur-literatur baik media cetak maupun elektronik. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan kepada responden yang merupakan pasien di Klinik Akupunktur “YUN”, sebanyak 90% responden mendapatkan informasi mengenai Klinik Akupunktur “YUN” berdasarkan referensi teman. Hal tersebut menunjukkan bahwa media promosi yang dilakukan Klinik Akupunktur “YUN” melalui media cetak, elektronik dan internet belum berjalan dengan efektif. Media promosi yang berjalan hanya melalui mulut ke mulut. Berkaitan dengan tujuan responden melakukan terapi akupunktur, sebanyak 50% responden melakukan terapi akupunktur di Klinik Akupunktur “YUN” adalah untuk pengobatan. Namun untuk terapi kecantikan dan relaksasi, Klinik Akupunktur “YUN” kurang populer di kalangan masyarakat. Efektifitas dari penyembuhan yang diberikan Klinik Akupunktur “YUN” dapat menjadi keunggulan bersaing yang perlu dipertahankan. Dengan program promosi dan melakukan publikasi secara berkala, keberadaan Klinik Akupunktur “YUN” dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas. Dengan melakukan publikasi dan menjaga kualitas pelayanan dan efektifitas dari pengobatan yang dilakukan, Klinik Akupunktur “YUN” dapat menjaring pasar baru bahkan menarik pasar lama untuk berpindah ke Klinik Akupunktur “YUN”.

Acupuncture prospects in Indonesia are very good, because the number of acupuncture clinic in Indonesia is still not much, given the difficulty of getting permits and certificates of competency that should be owned by the therapist. But today, since the science of acupuncture began to be recognized as an effective treatment, the doctors at major hospitals also pursue the science of acupuncture and used for the treatment solutions for patients in hospitals. Therefore, acupuncture clinics are competing to sell his clinic so that the potential market netted. In the face of such rampant competition, needed an effective marketing plan for the purpose of marketing can be achieved. Acupuncture clinic \"Yun\" has not had an effective marketing plan so that strategies and marketing programs do not focus clearly. The problem that arises is not achieving the expected profit target due to the decreasing number of patients. The research objective is to develop an effective marketing plan. This research uses descriptive quantitative methods to collecting data through questionnaires and interviews and secondary data collected through the literature both print and electronic media. Based on the results of the analysis has been done to the respondent who is a patient at the Clinic of Acupuncture \"Yun\", as much as 90% of respondents obtain information about Acupuncture Clinics \"Yun\" by reference to a friend. This shows that the media campaign conducted Acupuncture Clinic \"Yun\" through print, electronic and internet not working effectively. Media campaign that runs only through word of mouth. With regard to the purpose of respondents doing acupuncture therapy, 50% of respondents perform acupuncture therapy at the Clinic of Acupuncture \"Yun\" is for the treatment. But for beauty and relaxation therapies, Clinical Acupuncture \"Yun\" is less popular among the people. Effectiveness of Acupuncture Clinic provided healing \"Yun\" can be a competitive advantage which should be maintained. With the promotion and publicizing the program at regular intervals, the existence of Clinical Acupuncture \"Yun\" can be better known by the public. By publicizing and maintaining service quality and effectiveness of the treatment performed, Clinical Acupuncture \"Yun\" can capture new markets and even attractive old market to move to the Acupuncture Clinic \"Yun\".

Kata Kunci : marketing plans, analisis pasar, analisis pesaing, kuantitatif deskriptif


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.