Laporkan Masalah

ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN SIPORA UTARA KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI, 2011 Implementasi Keputusan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor 25 Tahun 2004

Rizky Kurniawan, Drs. Andreas Budi Purnomo, MA.

2012 | Tesis | S2 Magister Ek.Pembangunan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di Kantor Kecamatan Sipora Utara, mengetahui kesesuaian antara tingkat kepentingan dan pelayanan yang dirasakan oleh masyarakat, dan untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara tingkat kepentingan dengan pelayanan yang dirasakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis indeks kepuasan masyarakat, analisis tingkat kepentingan dan kepuasan masyarakat, dan uji beda dua rata-rata menggunakan uji Mann-whitney dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan wawancara langsung dengan masyarakat yang pernah datang ke Kantor Kecamatan Sipora Utara, sedangkan data sekunder diperoleh dari kantor instansi pemerintah seperti Bappeda dan Kantor Kecamatan Sipora Utara. Hasil penelitian menunjukan bahwa indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di Kantor Kecamatan Sipora Utara masih biasa saja, serta masih ada perbedaan antara tingkat kepentingan pelayanan dengan pelayanan yang dirasakan masyarakat hal ini terlihat dari masih banyak unsur pelayanan yang belum dilaksanakan dengan baik.

This study aims to determine the index of people’s satisfaction with public service in the north district office sipora, knowing the correspondence between the level of the perceived interest of the service. The method used in this study is the analisis of community satisfaction index, the analisis of the level of community interest and satisfaction, and two different test avarage using the Mann-Whitney test, test using primary data and secondary data. Primary data obtained through questionnaires and direct interviews with people who've come to the Office of the District of North Sipora, while the secondary data obtained from Bappeda and the District of North Sipora. The results showed that the index of people's satisfaction with public services in the Office of the District of North Sipora still normal, and there are still differences between the degree of importance of service with the service that the community feels it is seen from many elements of service that has not been implemented properly.

Kata Kunci : Indeks Kepuasan Masyarakat, Tingkat Kepentingan, Pelayanan yang Dirasakan, Kualitas Pelayanan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.