Laporkan Masalah

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PADA PROGRAM PEMBERANTASAN BUTA AKSARA DI KABUPATEN BONDOWOSO

Zubdatul Munawwarah, Prof. Dr. Ir. Sunarru Samsi Hariadi, MS.

2012 | Tesis | S2 Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan

Bondowoso sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur menempati rangking pertama diantara kabupaten yang lain yang mempunyai masyarakat belum melek huruf. Problem ini disadari oleh pemerintah Kabupaten Bondowoso dengan memaksimalkan terlaksananya program pemberantasan buta aksara, khususnya daearah-daearah atau kecamatan-kecamatan yang memiliki jumlah masyarakat buta aksara cukup tinggi, seperti kecamatan Binakal yang menjadi fokus kajian dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran pada program pemberantasan buta aksara (PBA) yang dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Bondowoso dengan total sampel sebanyak 120 orang. Teknik pengambilan sampel responden dalam penelitian ini menggunakan sampel acak sederhan, berikut faktor-faktor yang turut mempengaruhi efektivitas pembelajaran. Data penelitian dianalisis dengan regresi. Tentunya dari hasil penelitian ini secara teoritis diharapkan dapat memberikan kontribusi positif tentang efektivitas pemberantasan buta aksara. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis dengan pendekatan kuantitatif. Adapun hasil dari penelitian ini menemukan bahwa pelaksanaan program pemberantasan buta aksara yang dilaksanakan pemerintah Kabupaten Bondowoso dapat berjalan efektif, dibuktikan dengan hasil belajar yang telah dicapai oleh warga belajar yang telah mencapai tingkat tertinggi yaitu tingkat mandiri. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa, faktor umur, motivasi dan jenis kelamin berpengaruh nyata (signifikan) dan faktor peran tutor dan lingkungan belajar tidak berpengaruh nyata terhadap efektivitas pembelajaran pada program pemberantasan buta aksara di Kabupaten Bondowoso.

Bondowoso as one of the regencies in East Java first rank among other districts that have a preliterate society. This problem was recognized by the district Bondowoso to maximize implementation of program to eradicate illiteracy, particularly areas or sub-districts which have a number of illiterate people is quite high, such as sub Binakal that became the focus of study in this research. This study aims to determine the effectiveness of learning in the literacy program (PBA) is implemented by the government Bondowoso, with a total sample of 120 people were taken using simple random sampling techniques, the following factors that influence the effectiveness of learning. The research data were analyzed with regression. Course of this research is theoretically expected to contribute positively on the effectiveness of the eradication of illiteracy. The basic method used in this research is descriptive analysis with quantitative approach. The results of this study found that implementation of the literacy program of the government Bondowoso be effective, as evidenced by the results of learning that has been accomplished by people who have studied the levels reached the highest level of independence. The results of the regression test showed that the age factor, motivation and gender significant effect (significant) and the role of tutor and environmental factors studied did not significantly affect the effectiveness of learning in the program to eradicate illiteracy in District Bondowoso.

Kata Kunci : buta aksara, efektivitas, pembelajaran, faktor internal, eksternal.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.