Laporkan Masalah

PENGARUH METODE MNEMONIK-VISUAL IMAGERY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGINGAT AYAT AL-QUR’AN PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI YOGYAKARTA

KHOTIMATUS SHOLIKHATI, Prof. Dr. Amitya Kumara

2012 | Tesis | S2 Psikologi

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah metode mnemonik visual imagery dapat meningkatkan kemampuan mengingat ayat Al-Qur’an pada siswa kelas I Sekolah Dasar. Hipotesis penelitian ini adalah metode mnemonik visual imagery berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan mengingat ayat Al-Qur’an pada siswa kelas 1 Sekolah Dasar. Rancangan penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan desain untreated control group design with dependent pretest and posttest samples. Subjek penelitian ini berjumlah 10 siswa kelas I SD yang terdiri dari 5 siswa sebagai kelompok eksperimen yang diberi perlakuan pelatihan metode mnemonik visual imagery dan 5 siswa sebagai kelompok kontrol yang diberi perlakuan metode konvensional mufrodati. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik non-parametrik dengan uji Mann-Whitney U Test. Hasil analisis Uji Mann Whitney menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol baik pada kecepatan waktu reaksi dengan z= 2,611(p<0,05) dan ketepatan melafalkan ayat dengan z=2,627 (p<0,05) serta ketepatan mengartikan ayat dengan z= 2,115 (p<0,05). Dengan demikian disimpulkan bahwa pelatihan metode mnemonik visual imagery berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan mengingat ayat Al-Qur’an pada siswa kelas 1 SD.

This study is aimed to examine whether mnemonic visual imagery methods can improve the memorizing ability of Al-Qur'an verses on the first grade students of elementary school. The hypothesis of this study is that a mnemonic visual imagery method effect to improve the memorizing ability of Al- Qur'an verses for the first grade students of an elementary school. The design of this study uses quasi experimental design with untreated control group design with dependent pretest and posttest samples. Subjects in this study are 10 first grade students of an elementary school and consist of 5 students as the experimental group who were given mnemonic visual imagery methods treatment and 5 students as a control group who were given conventional mufrodati methods treatment. Analysis of the data is used non parametric statistical analysis by Mann-Whitney U Test. The result of data analysis by Mann Whitney test showed significant differences between experimental group and control group both on the speed of reaction time with z= 2,611 (p<0.05) and the accuracy of reciting the Al- Qur’an verses with z= 2,627 (p<0.05) and the accuracy of interpreting the Al- Qur’an verses with z= 2,115 (p<0.05). Thus, it can be concluded that the treatment of mnemonic visual imagery method effect to improve the memorizing ability of Al-Qur'an verses for the first grade students.

Kata Kunci : Metode Mnemonik Visual Imagery, Kemampuan Mengingat Ayat Al-Qur’an, Siswa Sekolah Dasar.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.