Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI BERSAING SWISS-BELHOTEL BORNEO DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN HOTEL BINTANG EMPAT DI SAMARINDA

Wendy Arsya, Dr. Bambang Riyanto L.S., MBA, Ph.D.

2012 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Penelitian ini untuk menilai peluang Swiss-Belhotel Borneo dalam bersaing sesuai dengan posisinya dalam persaingan, mengevaluasi strategi yang dijalankan Swiss-Belhotel Borneo. Akibat dari persaingan yang sangat ketat salah satu yang sering terjadi pihak manajemen hotel melakukan penurunan tarif harga hunian kamar secara instan agar dapat menarik pengunjung hotel, yang secara tidak langsung mempengaruhi perilaku konsumen berpindah dari satu hotel ke hotel lain. Tahapan penelitian tersebut akan dijabarkan menjadi suatu tahapan kerangka berfikir yaitu; mengidentifikasi karaktersitik industri dalam bisnis perhotelan, menganalisis pesaing industri, melakukan analisis driving forces, analsis key success factors, analisis startegic group map, analisis lingkungan internal, mengidentifikasi formulasi SWOT, mengidentifikasi generic strategy dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Swiss-Belhotel Borneo memiliki peluang besar untuk berkembang dan bersaing meskipun menghadapai ancaman bisnis karena Swiss-Belhotel Borneo saat ini memiliki strategi diferensiasi yang bagus sebagai hotel dengan konsep modern yang dipadukan dengan tradisional khususnya etnik dayak di Samarinda sehingga memiliki keunggulan bersaing yang langka dan tidak mudah ditiru, Swiss-Belhotel Borneo memiliki posisi bersaing yang menguntungkan yang memungkinkan mereka melakukan strategi yang agresif,

Swiss-Belhotel Borneo is a four star hotel in Samarinda is managed with a modern concept, combined with the particular traditional Dayak ethnic. As a modern hotel with traditional blend of ethnic Dayak. Swiss-Belhotel Borneo can not avoid competition for four-star hotel in Samarinda. Competition is getting tougher to make hotel Swiss-Belhotel Borneo should have a good strategy to compete with other hotels. Swiss-Belhotel Borneo also must analyze the external and internal environment, finding the position of competitors in the industry and formulate a strategy for success in competition. The results of this study indicate that the Swiss-Belhotel Borneo has a great opportunity to grow and compete, which is run pricing strategies affect occupancy levels significantly, although the marketing strategy does not affect the level of occupancy, as well as modern concepts with traditional blend of ethnic Dayak by Swiss-Belhotel Borneo can the Swiss-Belhotel Borneo have a better income for the future.

Kata Kunci : Strategi bersaing, konsep modern dengan paduan tradisional etnik dayak, lingkungan eksternal dan internal perusahaan, posisi persaingan, startegic group map, SWOT, generic strategy


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.