Laporkan Masalah

STRATEGI BERSAING PT. PERTAMINA DRILLING SERVICES INDONESIA DALAM INDUSTRI HULU MIGAS INDONESIA

Wahyu Wibowo, Dr. Gudono, MBA

2012 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Lingkungan bisnis yang terus berubah mengharuskan perusahaan-perusahaan untuk selalu beradaptasi dan merespon dengan cepat agar dapat tetap bertahan ataupun bersaing di dalam suatu industri. Hal ini juga berlaku bagi perusahaanperusahaan yang bergerak di bidang jasa pengeboran sektor hulu migas. Ketika sejumlah perusahaan mulai bermunculan seiring dengan pertumbuhan pasar dan penawaran tarif jasa serta kualitas yang lebih baik, maka persaingan di industri ini menjadi semakin kompetitif. Untuk dapat terus mengelola pertumbuhan dan keberkelanjutannya, perusahaan perlu memiliki strategi bersaing yang efektif sesuai dengan dinamika perubahan lingkungan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor baik eksternal maupun internal serta menganalisis strategi bersaing yang sesuai bagi PT. Pertamina Drilling Services Indonesia (PT. PDSI) berdasarkan faktor-faktor tersebut. Untuk dapat mengetahui seberapa baik respon perusahaan terhadap faktor eksternal digunakan alat analisis berupa matriks faktor strategi eksternal (EFAS), begitu juga untuk melihat posisi internal perusahaan digunakan alat analisis berupa matriks faktor strategi internal (IFAS). Identifikasi dan pemetaan posisi strategis pesaing utama terhadap PT. PDSI juga dilakukan menggunakan matriks profil kompetitif. Dari analisis faktor-faktor eksternal dan internal, didapatkan kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities), dan ancaman (Threats) yang dimiliki PT. PDSI. Dengan menggunakan alat analisis berupa matriks Internal- Eksternal (IE) serta analisis SWOT menggunakan matriks SWOT dapat diketahui posisi perusahaan dan strategi alternatif yang sesuai bagi PT. PDSI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi PT. PDSI berdasarkan matriks IE berada pada sel V yaitu posisi jaga dan pertahankan. Strategi yang sesuai pada posisi ini yaitu penetrasi pasar dan pengembangan pasar. Dalam rangka mewujudkan visi perusahaan menjadi perusahaan penyedia jasa pemboran dengan reputasi Internasional, ada alternatif strategi yang dapat ditambahkan untuk keberlanjutan (sustainable) dan pertumbuhan (growth) bisnis perusahaan yaitu strategi pengembangan pasar. Selanjutnya dengan menggunakan matriks SWOT didapatkan penjabaran beberapa alternatif strategi yang tepat dengan mengkombinasikan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki perusahaan sehingga dapat dirumuskan strategi S-O (Strengths-Opportunities), strategi S-T (Strengths-Threats), strategi W-O (Weaknesses-Opportunities), serta strategi W-T (Weaknesses-Threats).

Continuously changing business environment requires companies to steadily adapt and respond quickly in order to maintain their survival or competitiveness in an industry. These changes are also conducted by companies engaged in upstream oil and gas drilling services. When a number of companies begin to appear along with the growth rate of market supply and services as well as better quality, then competition in the industry becomes increasingly competitive. To be able to manage their growth and sustainability, companies need to have an effective competitive strategy to respond changing business environment. The objective of this research is to identify the both external and internal factors as well as analyzing the competitive strategy that is appropriate for PT. Pertamina Drilling Services Indonesia (PT. PDSI) based on those related factors. To be able to find out how well does the company respond to external factors, an analytical tool in the form of an External Strategic Factors Analysis Summary matrix (EFAS) was used, while to see the internal position of the company, an analytical tools in the form of an Internal Strategic Factors Analysis Summary matrix (IFAS) was applied. Identification and mapping of the strategic position of the main competitor to the PT. PDSI was also conducted by using competitive profile matrix. Based on the analysis of external and internal factors, obtained strengths, weaknesses, opportunities, and threats of PT. PDSI was obtained. By using analytical tools namely Internal-External matrix (IE matrix) as well as a SWOT analysis using SWOT matrix, the company's position and alternative strategies that are appropriate for PT. PDSI were obtained. The results showed that the position of PT. PDSI based on IE matrix is located on the fifth cell namely hold and maintenance position. The appropriate strategies in this position are market penetration and market development. In order to realize the vision of the company to a drilling services provider with international reputation, there is alternative strategy that might be added to the sustainability and growth of the company's business namely market development strategy. Furthermore, by using SWOT matrix, it could be identified some alternative appropriate strategies by combining the strengths, weaknesses, opportunities, and threats, there for it could be formulated S-O (Strengths-Opportunities), S-T (Strengths-Threats), W-O (Weaknesses-Opportunities), and W-T (Weaknesses-Threats) strategies.

Kata Kunci : strategi bersaing, lingkungan eksternal, lingkungan internal, matriks EFAS, matriks IFAS, matriks profil kompetitif, matriks IE, matriks SWOT


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.