ANALISIS RESTRUCTURING STRATEGY PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR TBK DALAM MENINGKATKAN VALUE PERUSAHAAN
Mochammad Ridwan Ristyawan, Dr. Bambang Riyanto LS, MBA
2012 | Tesis | S2 Magister ManajemenPT Indofood Sukses Makmur, Tbk. melakukan restructuring dengan memisahkan divisi Mi Instan dan Consumer Branded Product menjadi perusahaan baru yang bernama PT Indofood Consumer Branded Product, Tbk. Restructuring Indofood bertujuan untuk untuk mencapai efektivitas kinerja operasional Indofood dan meningkatkan value perusahaan. Kondisi internal dan perubahan lingkungan eksternal perusahaan mendorong Indofood melakukan restructuring. Penelitian ini menganalisis tentang faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal perusahaan yang mempengaruhi Indofood melakukan restructuring. Analisis restructuring strategy Indofood terdiri atas empat tahapan, yaitu: analisis kinerja Indofood sebelum restructuring, analisis kinerja Indofood setelah restructuring, analisis wealth effect shareholder dan value building growth dan analisis kinerja jangka panjang korporat. Kinerja Indofood sebelum restructuring menunjukkan efisiensi biaya tetapi belum mampu menghasilkan laba bersih operasional yang tinggi jika dibandingkan dengan kinerja industri food and beverages. Restructuring Indofood telah berhasil meningkatkan nilai perusahaan yang sangat tinggi. Peningkatan nilai perusahaan tidak memberi kemakmuran bagi para pemegang saham dan tidak sebanding dengan pertumbuhan perusahaan dalam waktu jangka panjang. Indofood memerlukan strategi-strategi baru untuk tetap dapat meningkatkan penjualannya agar sebanding dengan peningkatan nilai perusahaan. Strategi pemasaran harus diperbaharui untuk mengintensifkan peningkatan penjualan pada level fungsional yang didukung oleh procurement, human resources dan infrastruktur IT yang baik
PT Indofood, Tbk. perform restructuring by separating divisions Noodles and Consumer Branded Products into a new company named PT Indofood Consumer Branded Product, Limited. Indofood restructuring aims to achieve the effectiveness of operational performance and increase the value of the company Indofood. Internal conditions and external environment changes Indofood encourage companies to do restructuring. This study analyzed the factors internal and external environments that affect Indofood to perform the company's restructuring. Analysis of Indofood's restructuring strategy consists of four stages: analysis of Indofood's performance prior to restructuring, performance analysis Indofood after the restructuring, the analysis of wealth effects and shareholder value growth and building long-term corporate performance analysis. Indofood's performance before restructuring costs but not yet showing efficiency is able to produce high operational net profit compared with the performance of food and beverages industry. Restructuring Indofood has succeeded in increasing the value of the company are very high. Increasing the value of the company did not provide the wealth for shareholders and not worth the company's growth in the long run. Indofood require new strategies to continue to increase its sales to be comparable to the increase in firm value. The marketing strategy should be updated to intensify the increase in sales at the functional level, supported by procurement, human resources and good IT infrastructure.
Kata Kunci : restructuring, nilai perusahaan, pertumbuhan perusahaan