Analisis Strategi Bersaing Dalam Bisnis Apotek : Studi Kasus Apotek K-24 Jalan Parangtritis
Khuringin Primandari, Dr. Sony Warsono, MAFIS., Ak
2012 | Tesis | S2 Magister ManajemenSeperti bisnis usaha lain tujuan mendirikan apotek adalah untuk meningkatkan penjualan, mendapatkan laba, dan berkembang untuk berusaha menaikkan kinerjanya. Laba apotek tergantung dari besarnya penjualan, dan besarnya penjualan tergantung dari faktor-faktor eksternal dan internal. Pada saat ini orientasi paradigma pelayanan kefarmasian telah bergeser tidak hanya pelayanan obat (drug oriented) tetapi juga menjadi pelayanan pasien (patient oriented) dengan tetap mengacu kepada Pharmaceutical Care. Apotek K-24 jalan Parangtritis yang merupakan apotek waralaba dari PT K-24, berusaha terus mengembangkan strategi yang tepat untuk bersaing pada industri bagian dari kefarmasian ini. Dengan analisis faktor ekternal dan internal, serta analisis lingkungan industri dapat diketahui posisi dan kemampuan perusahaan untuk bersaing serta kemampuan untuk mengeksploitasi peluang dan meminimumkan ancaman yang akan muncul. Selanjutnya dengan dengan menggunakan strategi generik Porter dan matrix Grand Strategi diperoleh beberapa macam alternatif strategi.
Like the other business of the purpose of establishing a pharmacy is to increase sales, profits, and growing to try to raise its performance. Profit depends on the size of pharmacy sales, and sales amount depends on factors external and internal. At this orientation has shifted the paradigm of pharmaceutical care services not only drug (drug oriented) but also into patient care (patient oriented) with a fixed reference to Pharmaceutical Care. Pharmacies K-24 road which is a pharmacy franchise Parangtritis of PT K-24, trying to continue to develop appropriate strategies to compete in the industrial part of this pharmacy. With the analysis of external and internal factors, as well as analysis of the industrial environment can be known position and the company's ability to compete and the ability to exploit opportunities and minimize threats that will emerge. Furthermore, by using Porter's generic strategies and Grand Strategy matrix obtained some kind of alternative strategies.
Kata Kunci : strategi bersaing , apotek , retail , waralaba