POSISI UNIVERSITAS WIDYA KARTIKA SURABAYATERHADAP PESAINGNYA MENURUT PERSEPSI CALON MAHASISWA
Fitriya, Dr. Bernardinus Maria Purwanto, M.B.A.
2012 | Tesis | S2 Magister ManajemenKondisi persaingan yang ketat antar perguruan tinggi ditambah turunnya minat lulusan SMA untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi, menyebabkan turunnya jumlah calon mahasiswa yang mendaftar ke universitas Widya Kartika (UWIKA). Untuk dapat memenangkan persaingan, universitas dituntut untuk mengidentifikasi posisi atau kedudukan relatifnya terhadap universitas pesaing serta mengetahui kekuatan dan kelemahannya berdasarkan persepsi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi Universitas Widya Kartika terhadap pesaingnya menurut persepsi calon mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan penelitian pendahuluan dalam bentuk wawancara untuk mendapatkan data tentang atribut-atribut determinan. Setelah atribut diketahui, kemudian disusun kuesioner dimana responden diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yaitu pertanyaan tentang kondisi demografi responden, sikap responden terhadap masing-masing atribut yang diamati dan evaluasi responden terhadap beberapa universitas swasta yang diamati. Alat analisis yang digunakan untuk membangun peta persepsi adalah multidimensional Scaling (MDS). Hasil analisis data menggunakan multidimensional Scaling (MDS) adalah peta posisi universitas yang menunjukan himpunan berbeda. Kuadran I terdiri atas UBAYA dan UWM yang dipersepsikan memiliki atribut yang baik dengan kualitas yang sesuai dengan biaya kuliah. Pada kuadran II terdapat UWIKA yang dipersepsikan kurang memiliki atribut yang baik tetapi memiliki kualitas yang sesuai dengan biaya yang diberikan. Pada kuadran III terdapat UK. PETRA dan Ciputra, yang dipersepsikan memiliki atribut yang baik tetapi biaya kuliah yang dibebankan kepada mahasiswa dianggap terlalu tinggi. Di kuadran IV terdapat UDC yang dipersepsikan kurang memiliki atribut, harga dan kualitas yang baik. Berdasarkan hasil analisa data, peta posisi menunjukkan pesaing terdekat UWIKA adalah universitas katolik Widya Mandala (UWM). UWM memiliki posisi yang lebih baik terutama dalam pengukuran variable atribut, manfaat, harga, dan kualitas. Hasil evaluasi ini juga menggambarkan kekuatan dan kelemahan UWIKA yaitu; kekuatan terletak pada variabel pesaing (keunikan) yang membuatnya berbeda dengan universitas lain. Sedangkan kelemahannya, UWIKA dianggap belum memiliki varabel atribut terutama atribut fisik, atribut kualitas dosen, atribut layanan, atribut lain-lain, dan kualitas yang diharapkan. Hal ini cukup merugikan karena variabel atribut dan variabel kualitas merupakan pertimbangan penting bagi calon mahasiswa dalam memutuskan pilihan universitas.
Strict competition between universities and the decline of high school graduates interest to continue into higher education decreases the number of prospective students who apply to the Widya Kartika university Surabaya (UWIKA). To win the competition, universities are required to identify the position or the relative position against competitors and understanding the strengths and weaknesses of university based on consumer perceptions. This study aims to determine the position of UWIKA university against competitors according to the perceptions of prospective students. This study uses a survey method with a preliminary study in the form of an interview to obtain data about the determinant attributes. After the attribute is known, then compiled a questionnaire in which respondents were asked to answer several questions provided in the questionnaire such us the condition of respondent demographics, attitudes of respondents to each attribute observed and the respondent's perception of some private universities observed. The results of the questionnaire then examined using analysis Multidimensional Scaling (MDS) to build the perception map. Based on the MDS analysis, the set of maps showing the position of universities located in different quadrants. Quadrant I consists of UBAYA and UWM. Both universities are perceived to have attributes of good quality in accordance with the tuition. In quadrant II there are UWIKA perceived lack of good attributes but it has a quality that suits the given cost. In the quadrant III there is PETRA and Ciputra, which is perceived to have good attributes but the tuition charged to students is considered too high. UDC in quadrant IV perceived lack of attributes, price and good quality. Based on the results of data analysis, the position map showing the closest competitor of UWIKA is Widya Mandala Catholic University (UWM). UWM has a better position especially in the measurement variable attributes, benefits, pricing, and quality. The results of this evaluation also illustrate the strengths and weaknesses of UWIKA. The strength lies in competitor variables (uniqueness) that make UWIKA different or have a special characteristic that makes it different from other universities. As for weaknesses, UWIKA considered not to have variable attributes mainly physical attributes, the quality of lecturers attributes, service attributes, other attributes, and variable quality. It is quite disadvantage because of the variable attributes and variable quality is an important consideration for prospective students in deciding their university choice.
Kata Kunci : Positioning, Peta persepsi, Multidimensional Scaling (MDS)