Analisa Kemampuan Bersaing PT. Arnotts Indonesia
Dony Ardiantaka, Ir, Dr. Supriyadi, M.Sc.
2012 | Tesis | S2 Magister ManajemenPenelitian ini bertujuan untuk mempelajari lingkungan eksternal (analisa lima kekuatan) dan internal (analisa rantai nilai) dari PT. Arnott’s Indonesia di industri makanan (biskuit) di Indonesia. Analisa – analisa tersebut akan digunakan untuk menentukan peluang dan ancaman stratejik dari lingkungan eksternal, serta untuk mengidentifikasikan kekuatan dan kelemahan dari perusahaan ini. Penelitian ini menyimpulkan dengan menggunakan analisis rantai nilai bahwa distinctive competencies yang teridentifikasi yakni skala ekonomis, saluran pemasok yang terintegrasi serta saluran distribusi terstruktur. Sedangkan dengan menggunakan analisis five forces untuk kunci sukses teridentifikasi yakni SDM yang memadai, ketersediaan bahan baku, skala ekonomis, manajemen mutu dan sistem kemampuan pemasaran serta saluran distribusi, sehingga memperoleh kepercayaan dan loyalitas konsumen. Dengan melihat key success factors dan distinctive competencies yang ada, maka strategi bersaing yang seharusnya diterapkan oleh PT. Arnott’s Indonesia adalah strategi biaya rendah dan diferensiasi yang terstruktur, mengarah kepada penciptaan daya saing strategis dan profitabilitas tinggi secara selaras.
The ojective of this paper are to analize the external and internal environment of PT. Arnott’s Indonesia that operates as biscuit manufacturer in Indonesia. The analysis on this paper will be used to determine strategic opportunities and threats from external environment as well as to identify strenghts and weaknesses of the company. The Paper was concluded by using value chain analysis that distinctive competencies are identified as economic of scales, backward integrated and strong distribution network. Then, by using five forces analysis, captured that key success factors are identified as human resources, direct materials availabiliy, economic of scale, quality management, good marketing ability and intelligence, strong distribution network. These values are to have a target of trust and loyality customers. Understanding of relationship between key success factors dan distictive competencies that cost leadership and differentiation strategic shall be implemented in PT. Arnott’s Indonesia, to achieve a competitiveness and profitability.
Kata Kunci : strategi bersaing, Lima kekuatan Porter, SWOT, analisa rantai nilai, PT Arnott’s Indonesia