Strategy Mapping Through Balanced Score Card; A Case Study at PT. Fiiltrona Indonesia
AHMAD FASHIHUL LISAN, Eko Suwardi, Dr., M.Sc.
2012 | Tesis | S2 Magister ManajemenKampanye anti rokok dan isu kesehatan yang terus dikumandangkan oleh Pemerintah dan LSM terbukti sangat mempengaruhi industi tembakau. Di Amerika dan Eropa Barat, penjualan rokok mulai menunjukan tren penurunan, namun demikian perkembangan serupa belum begitu terasa di Asia dan Eropa timur dengan ditandai penjualan rokok yang masih stabil dan bahkan ada peningkatan. Perubahan tersebut menjadikan perusahaan-perusahaan rokok skala international memindahkan beberapa pabrik mereka ke wilayah Asia. Dengan perubahan peta industri tersebut, persaingan di wilayah Asia semakin ketat. Kompetitor, teknologi dan regulasi begitu cepat berubah, namun demikian setiap kompetisi selalu disertai dengan peluang ygn mesti disiapkan oleh setiap perusahaan kalau ingin tetap bertahan. Perusahaan memerlukan peta yang mampu menggambarkan secara akurat setiap adanya perubahan lingkungan industri baik sekarang maupun yang akan datang yang kemudian dijabarkan dalam Peta Stategi Perusahaan (Strategy Map) secara ringkas namun menyeluruh. Dengan peta strategi yg jelas, eksekutif perusahaan dapat menuangkan kemampuannya untuk mengukur, mengelola dan menjalankan strategi perusahaan dengan tepat. Namun demikian, untuk mendapatkan hasil yang optimal, strategy map harus digabungkan dengan balanced score card dalam hal penentuan dan pengukuran target perusahaan beserta langkahlangkah strategis yang akan diambil untuk mencapainya. Penggabungan strategy map dan balanced score card ini memudahkan perusahaan untuk memantau keefektifitasan strategi dan juga kondisi performa terkini antara target dan aktual. Secara singkat, jika digabungkan dengan balanced score card, strategy map akan sangat membantu perusahaan untuk mengeksekusi strategi secara efektif dan efisien. Dalam studi kasus ini, penulis mengambil PT. Filtrona Indonesia – salah satu penyuplai industri rokok- sebagai objek studi dalam menentukan dan mendesign strategi map serta implementasi dari balanced score card untuk mencapai visi, misi dan target perusahaan menjadi “pemimpin di industri filter rokok duniaâ€.
Growing health concerns and massive antismoking campaigns launched by governments proved to be quite a problem for the tobacco lobby. In the USA and Western Europe cigarette sales started diminishing while in the Eastern Europe and Asia sales volume are still booming. This condition leads the cigarette companies moved their factory footprint to Asia. This business environment changes has created and increased the competition in the region and the change is much more rapid. Competitors, technology and regulations can change seemingly overnight. Globalization introduces opportunities and competition from all corners of the globe. The organization needs the map that describes accurately the new business environment that will be faced now and in the future. A strategy map provides a concise yet comprehensive description of an organization’s strategy. With this clarity, executives have an enhanced ability to describe measure, manage and execute the desired strategy. To get the most from a strategy map, however, it should be combined with a Balanced Scorecard of measures, performance drivers, targets and initiatives. This combined strategy map and Balanced Scorecard allows the effectiveness of the strategy to be constantly monitored and initiatives to be managed with the goal of closing any gaps between target performance and actual results. In short, when used in combination with a Balanced Scorecard, a strategy map helps organizations execute more effective and efficiently. In this case study, PT. Filtrona Indonesia is taken as the object of research to explore and describe its implementation of the Balanced Scorecard then design a specific Strategy Map for integrating the organization objectives in the fours perspective of a Balanced Scorecard in order to gain the competitive advantage and win in this competitive market as stated on its vision to become “Unbeatable leader in cigarette filters industry “
Kata Kunci : balanced score card, strategy map, industri rokok, persaingan