Laporkan Masalah

PERAN ILUSTRASI DALAM BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP PEMAHAMAN CERITA BERBAHASA INGGRIS PADA ANAK PRASEKOLAH

ROSALIA EMMY LESTARI, Prof. Dr. Sartini Nuryoto

2012 | Tesis | S2 Psikologi

Berbagai kegiatan menarik dilakukan lembaga pendidikan prasekolah saat mengajarkan bahasa asing kepada anak-anak, misalnya dengan gambar, permainan, lagu, dan pembacaan cerita. Saat anak mendengarkan storytelling, sering kali banyak kata asing yang belum dipahami anak. Hal ini disebabkan tingkat pemahaman anak yang masih terbatas, kosa kata yang terlalu banyak, atau pun ketidakhadiran ilustrasi yang dapat membantu visualisasi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran ilustrasi dalam buku cerita bergambar terhadap pemahaman cerita berbahasa Inggris pada anak prasekolah. Pemahaman cerita adalah kemampuan untuk mengerti secara benar isi dari suatu cerita, yaitu menggunakan kata-kata yang digunakan dalam cerita dan menceritakan kembali isi cerita dengan tepat. Penelitian dilakukan menggunakan metode eksperimen kuasi dengan desain rancangan eksperimen Posttest-only design with nonequivalent groups. Subjek meliputi 20 anak prasekolah berusia 5-6 tahun, yang dibagi dalam dua kelompok, yaitu Kelompok Kontrol (KK) dan Kelompok Eksperimen (KE). Untuk KE, pada saat pembacaan cerita, ilustrasi diperlihatkan kepada subjek penelitian. Untuk KK, pada saat pembacaan cerita, ilustrasi tidak diperlihatkan. Kemudian satu per satu subjek diukur tingkat pemahaman ceritanya. Subjek diminta menghubungkan teks dengan gambar yang sesuai, kemudian menceritakan kembali gambar/ilustrasi yang ditunjukkan kepadanya. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji Pemahaman Kata, p>0,05 (0,815) dan hasil uji Pemahaman Cerita, p>0,05 (0,817), sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan tingkat pemahaman cerita berbahasa Inggris antara kelompok yang diberi bacaan dengan ilustrasi dan kelompok yang diberi bacaan tanpa ilustrasi. Subjek dapat mengidentifikasi gambar dan menghubungkannya dengan kosa kata yang didengarnya, namun belum mampu menceritakan kembali (dalam bahasa Inggris) gambar yang ditunjukkan kepadanya. Hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa prosedur penelitian belum mampu menguji pemahaman cerita berbahasa Inggris pada anak prasekolah. Maka prosedur pelaksanaan eksperimen perlu mendapat catatan khusus, terutama dalam pembuatan instrumen penelitian yang disesuaikan dengan tahap perkembangan bahasa, terutama bahasa kedua, pada anak prasekolah. Dengan demikian ketidakmampuan anak menceritakan kembali bukan disebabkan anak tidak memahami gambar, melainkan karena tahapan belajar bahasa kedua di lembaga pendidikan prasekolah baru sampai pada tahap pengenalan kosa kata sederhana. Selain itu, ketiadaan pretest membuat kesetaraan subjek dalam hal kemampuan berbahasa Inggris sebelum eksperimen tidak dapat diketahui. Maka hasil penelitian ini masih perlu dipertajam dengan penelitian lanjutan.

The teachers of preschool educational institutions are using variety of exciting activities to teach a foreign language to their students, such as pictures, games, songs, and storytelling. Even though, when children listened to the story, they did not understand the words’ meaning. It can happen to the children because they are still have limited understanding, the story has too much vocabulary or even the absence of illustrations or images which can help the child visualization. This study aims to know the role of illustration in pictorial story book toward English language story comprehension to preschool children. Story comprehension is an ability to understand the content of a story correctly, which knows the words and retells the story accurately. This research was an experimental study which the draft design used Posttest-only design with nonequivalent groups. Subjects were 20 preschool children aged 5-6 years. All 20 children grouped into two groups, namely Control Group (CG) and Experimental Group (EG), which contained 10 children each group. To the Experimental Group, the illustration disclosed to research subjects when the story read. To the Control Group, the illustrations did not disclose to research subjects when the story read. At a later stage, the researcher assessed the subjects’ understanding of the story. Subjects have shown a few pieces of the picture. In that case, the subjects have asked to match between text and image, and retell the image/illustration which shown to them. The results of word comprehension test showed p> 0.05 (0.815) and the results of story comprehension test also showed p> 0.05 (0.817). So it can be concluded that the use of illustrations media in pictorial story books have no effect on the ability to understand the English story. Subjects can identify the picture and connect it with the vocabularies that they heard, but they have not been able to retell (in English) the picture which shown to them. The results above showed that research procedures have not been able to test the English language story understanding to the preschoolers. Thus, the children’s disability to retell the story was not caused by the children’s misunderstanding to the picture, but they still learned an introduction of simple words in the preschool educational institutions. In addition, the equality of children’s English ability before the experiment was unknown because of the absence of a pretest. Thus, the results of this study still need to be sharpened by further research.

Kata Kunci : Pemahaman cerita, Ilustrasi Cerita, Buku Cerita Bergambar, Anak Prasekolah, Rancangan Eksperimen Kuasi


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.